3 Pilihan Aplikasi Membuat Poster di Android

Posted on

Di era serba teknologi sekarang ini, dunia desain semakin diminati oleh banyak orang. Mulai dari anak muda hingga orang dewasa untuk mengejar dan mengeksplorasi hobi desain. Tidak jarang, kemampuan mereka dimanfaatkan untuk mencari penghasilan sampingan. Salah satu cabang desain yang sepertinya tidak pernah surut dari pembeli adalah pembuatan poster, spanduk atau selebaran.

Bisnis telah mulai mengatur sedemikian rupa dalam dunia dunia percetakan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Sehingga desain poster profesional seringkali lahir di tangan desainer. Pada awalnya, hanya komputer yang dapat mengakomodasi pemrosesan desain. Namun seiring waktu, smartphone saat ini telah mampu melakukan fungsi pemrosesan dan pengeditan gambar. Para pengembang juga mulai membuat aplikasi pembuat poster profesional untuk ponsel.

Dalam waktu belakangan ini, perangkat yang sering dalam genggaman tangan kamu sebenarnya mampu memberikan kontribusi dalam hal ini. Mungkin itu dari ide, corak, hingga setiap lekukan grafis yang ingin dituangkan.

Dalam tulisan kali ini, saya coba merangkum 3 aplikasi pembuat poster Android terbaik yang bisa kamu coba. Di mana setiap aplikasinya cukup sederhana dan mudah digunakan, bahkan sekalipun kamu beranggapan tidak memiliki kemampuan dalam dunia design. Mau tahu? Silahkan di simak lebih lanjut untuk lebih detailnya.

1. Canva

Canva adalah aplikasi poster, spanduk dan selebaran yang layak mendapat tempat pertama. Koleksi basis data besar, lengkap dan besar, sehingga kamu tidak akan kesulitan memilih template desain yang akan diedit nantinya. Canva memiliki jumlah pengguna terbesar di seluruh dunia. Aplikasi ini mudah dioperasikan dan cukup ringan ketika kamu melakukan proses pengeditan. Tidak hanya populer, Canva juga dapat memperoleh peringkat yang sangat baik di mata Google Play Store. Berikut adalah beberapa hal yang dapat kamu lakukan dengan aplikasi Canva :

• Membuat spanduk, brosur, resume, presentasi, poster, dan selebaran.

• Buat logo, selebaran, kartu undangan dan kartu bisnis.

• Membuat sampul buku, desain spanduk blog, dan kolase foto.

• Buat sampul untuk Twitter, Facebook, Instagram dan YouTube.

Canva menyediakan lebih dari 60.000 template gratis yang akan memudahkan kamu untuk membuat desain profesional. Selain itu, kamu juga dapat memanfaatkan berbagai fitur pengeditan untuk melengkapi inspirasi pemrosesan gambar agar tampil lebih memukau. Kamu juga bisa menambahkan teks, foto, mengubah warna, ukuran, dan jarak antar objeknya. Kalau berasa masih kurang, kamu juga bisa menambahkan beragam ornamen yang sesuai. Proses pengeditan sangat mudah dimengerti dan menghemat waktu.

2. Desygner

Desygner adalah aplikasi pembuat poster dengan desain yang menarik, di mana kita dapat membuat desain hanya dalam hitungan detik. Ada lebih dari 1000 template yang dibuat secara profesional, yang semuanya telah disesuaikan dengan sempurna mulai dari ukuran, kecocokan warna, dan jenis font yang digunakan. Desygner sangat berguna untuk membantu kamu menyelesaikan project dengan penampilan yang cukup bagus, tanpa menghabiskan banyak waktu. Ini didukung oleh antarmuka yang sederhana, jelas, dan tools pengeditan yang relatif mudah.

Ada satu sisi yang perlu diperbaiki dari sisi pengembang, di mana aplikasi Desygner membutuhkan waktu lebih lama ketika kita memasuki proses pengeditan. Ini tidak terlalu mengganggu, tetapi waktu memuat untuk menampilkan editor perlu perbaikan lebih lanjut. Mungkin dalam hal ini bisa jadi dimaksudkan agar Desygner mampu bersaing dengan aplikasi sejenis lainnya. Desygner mengakomodasi pembuatan logo, spanduk untuk media sosial, blog, poster, kartu nama, resume dan berbagai desain lainnya.

Coba kembangkan ide dari template yang telah disediakan. Oh iya, aplikasi Desygner memiliki peringkat 4,6 di Play Store. So, idealnya aplikasi Desygner cukup bisa diandalkan untuk bisa menuangkan ide maupun project yang ada di dalam kepala kamu.

3. Posters

Posters adalah aplikasi pembuat poster yang bisa dibilang cukup bagus. Temukan beragam ide dan kreasi dari koleksi templat yang tersedia, atau kamu juga bisa melakukan modifikasi sesuai selera. Tidak mahir dalam desain grafis bukanlah halangan bagi untuk menjadi kreatif dalam membuat berbagai tampilan. Aplikasi Posters akan membantu kita dalam proses pengeditan dengan mudah dan cepat. Hasil yang dibuat juga terlihat profesional dan dapat dibagikan dengan orang lain. Beberapa desain yang dapat dibuat menggunakan Posters adalah :

• Gunakan ide dari desain yang siap digunakan untuk poster iklan, kemudian jangkau lebih banyak pelanggan.

• Membuat pamflet untuk pemasaran dan promosi dalam menjalin komunikasi dengan pelanggan.

• Membuat kartu ulang tahun, undangan bisnis atau pernikahan melalui template atau desain kamu sendiri.

• Mendukung spanduk untuk berbagai media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan bahkan blog pribadi kamu.

Tinjauan kualitas aplikasi Posters menunjukkan hasil positif kalau saya lihat di Play Store. Dengan pencapaian peringkat 4,6 bintang, kemudian selain itu ternyata aplikasi ini juga telah diunduh lebih dari satu juta kali.

Itu dia 3 aplikasi Android untuk membuat poster yang bisa kamu coba. Walaupun ada yang berbayar untuk bisa mendapatkan fitur secara full akses dari aplikasi di atas, namun dengan melakukan review dan perbandingan, semoga informasi ini bisa bermanfaat buat kamu yang mungkin kebetulan sedang mencari aplikasi membuat poster.

Baca juga : Cara membuat nada dering mp3 sendiri

Gravatar Image
Hey, I'm writing everyday, SEO lover, and Noob Blogger.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *