Hal yang mempengaruhi mood saat ngebid
Hal yang mempengaruhi mood saat ngebid

4 Hal Yang Merusak Mood Kamu Saat Ngebid

Posted on

Exojol.com – Ada beberapa hal yang secara tidak langsung akan merusak mood kamu saat berangkat atau mau start ngebid. Hal itu disebabkan bisa dari faktor internal ataupun eksternal. Entah bersifat disengaja maupun tidak sengaja.

Pastinya kamu paham betul bahwa mencari nafkah di jalan, suasana hati dapat berubah secara cepat. Bising dan kerasnya kondisi di jalan dapat merubah kondisi hati dan pemikiranmu dengan sekejap. Mungkin karena bertemu pengguna jalan yang bersikap memancing emosi, customer yang terkadang nggak ada akhlak, kondisi kantong yang sama sekali kosong, dan masih banyak contoh lainnya yang akan mempengaruhi mood kamu ketika ngebid.

Sebelum masuk ke topik inti mengenai hal-hal yang dapat mempengaruhi mood kamu di waktu ngebid, saya ingin sedikit mengingatkan. Baik untuk diri saya sendiri yang terkadang suka lupa, maupun buat kamu yang berprofesi full time ojol seperti saya.

Resiko yang kita hadapi di jalan sangat besar. Kita tidak akan pernah tahu bahwa segala kemungkinan hal buruk bisa saja terjadi. Mulai dari kecelakaan, perampokan, hingga sangat fatal lainnya yang justru berujung dapat membuat kita kehilangan nyawa. Segala resiko tersebut mau tidak mau harus ditanggung demi satu kata, yaitu bisa mendapatkan rupiah. Ya, demi mendapatkan uang agar bisa kita berikan untuk keluarga kita di rumah (bagi yang sudah berkeluarga).

Karena besarnya resiko yang harus ditanggung, sebaiknya jangan pernah lupa untuk memperhatikan hal berikut :

4 Hal yang mempengaruhi mood saat ngebid :

– Sedang ada persoalan atau masalah pribadi

Masalah bisa diibaratkan seperti kerikil kecil yang harus dibersihkan. Dengan harapan, kerikil tersebut tidak terpijak atau terjatuh hingga mengakibatkan kaki atau anggota tubuh kita lainnya jadi terluka.

So, sebelum berangkat ngebid sebaiknya kamu pastikan kembali apakah saat itu kamu sedang memiliki masalah yang sifatnya kecil atapun besar. Mungkin masalah dengan orang tua, sedang cek cok dengan pasangan, sedang emosi karena anak tadi bertingkah nakal, sedang bete karena emosimu sedang di uji oleh salah satu temanmu, dan masih banyak contoh lainnya.

Persoalan atau masalah tersebut bisa terjadi karena kesalahan dari dalam diri kamu sendiri (internal), kemudian bisa juga disebabkan karena pihak lain yang menyebabkan kamu menjadi terseret masalah (eksternal).

Intinya, segerakanlah untuk menyelesaikan masalah. Jangan biarkan berlarut-larut yang akhirnya akan mempengaruhi mood kamu.

Percayalah, kamu dapat merasakan bedanya ketika ngebid saat hati sedang ada yang mengganjal dan ngebid saat hati kamu berasa plong. Buat kamu yang paham pasti bakalan sependapat sama saya, insya Allah rejeki bakalan gampang ngalirnya kalau suasana hati lagi enak.

– Bertemu customer yang nggak enak

Menjadi ojol yang bekerja di bidang jasa, pastinya memiliki beragam tantangan. Salah satunya adalah bagaimana menjaga mood agar tetap stabil, netral, dan baik-baik saja. Senyum, sapa dan salam seolah menjadi SOP utama yang tanpa disadari akan tercermin dari suasana hati kita.

Mood lagi bagus-bagusnya, bisa saja berubah seketika waktu lagi ngebid. Kalau digambarkan, dari 8 orderan yang kamu jalani bisa saja kamu mendapatkan customer yang bersikap kurang mengenakkan, atau bahasa santun versi saya adalah “Customer nggak ada akhlak!”.

Buat kamu yang masih full time di ojol, hal tersebut seharusnya sudah menjadi hal yang biasa. Customer yang cerewet, nggak sabaran, nganggap kita kacungnya, bersikap kurang sopan, kasih alamat melenceng jauh dengan titik pengantaran, mau bayar murah tapi mau dapat menu makanannya banyak, tiba-tiba via chat minta tolong beliin sesuatu, kasih pembayaran cash dengan nominal 19.400 pas, dan buanyak contoh lainnya.

So, coba ingat-ingat kembali pengalaman kamu dengan contoh tipikal customer di atas. Kadang mau ketawa takut dosa, kadang mau nangis takut malu.

Tapi sebaiknya, segeralah hadapi persoalan sepele tersebut dengan caramu masing-masing. Kalau bagi saya pribadi, bismillah dan jalani dengan ikhlas. Asalkan kamu bisa tetap selow dan tidak melakukan hal yang sangat fatal / merugikan customer, kita hadapi dengan senyuman aja ngab. Karena yakinlah Tuhan itu nggak pernah tidur.

– Kondisi badan lagi kurang sehat

Ingat ngab! Saya yakin kebutuhan termasuk salah satu faktor yang membuat kita harus mencari nafkah. Tapi sebaiknya juga perlu di ingat, Mens sana in corpore sano! Yap, dalam tubuh yang sehat akan terdapat jiwa yang kuat!

Meskipun lagi butuh duit tapi sebaiknya jangan terlalu memaksakan badan. Kalaupun rasanya sudah kepepet banget harus ngebid, pahami batas dari kemampuan tubuh kamu ketika ngebid. Kalau rasanya sudah dapat sedikit rejeki & badan sudah nggak kuat, jangan paksa ngebid. Mending matiin aplikasi trus pulang agar bisa istirahat. Percaya deh, ketika badan lagi kurang fit, hati kamu juga nggak akan ngerasa plong / kurang semangat / bete sewaktu ngebid.

– Akun lagi Anyep

Anyep, gagu, budeg, kesambet, atau akun lagi sakit adalah sebuah istilah untuk akun yang susah rasanya dapat order.

Tahukah kamu bahwa akun anyep sangat mempengaruhi mood kamu untuk start onbid. Seperti yang pernah saya posting disini sebelumnya mengenai hal yang dilakukan driver waktu akun lagi gagu, fakta di sekitar lingkungan saya membuktikan bahwa akun lagi anyep ternyata sangat mempengaruhi mood untuk mulai ngebid.

Percuma kumpul di spot rame kalau ujung-ujungnya jadi tukang jaga kopi teman-teman satu tongkrongan, nitir kemana aja tapi orderan nggak masuk-masuk, udah oprak oprek hp tapi tetep aja order nggak nyangkut.

Nahh, dalam hal ini yang menjadi Pekerjaan Rumah sebenarnya justru kamu harus menjaga konsistensi waktu ngebid kamu, dan hal lainnya yang memberikan pengaruh pada tingkat orderan yang akan kamu dapatkan nantinya. Setiap aplikator, entah itu Grab, Gojek atau Shopee pasti memiliki algoritma pembagian order tersendiri untuk disebarkan kepada seluruh mitranya yang sedang onbid, tapi bagi saya pribadi sih menganggap sistim tidak akan pernah jelas ngab.

Intinya kembali kepada diri masing-masing. Mau ngebid dengan cara nitir, mau ngebid di spot rame, atau jadi kaum rebahan aja di rumah kalau ada order jalan kalau nggak ada order ya tetep jangan semangat & putus asa.

Ok, itu dia hal yang mempengaruhi mood waktu ngebid. Semoga bisa menjadi sedikit nambah wawasan atau pengalaman kamu ya ngab. Kalau ada pengalamam atau tambahan, silahkan komentar di bawah.

Gravatar Image
Hey, I'm just online driver. Love & trying to writing everyday, SEO lovers, and Noob Blogger.

Leave a Reply

Your email address will not be published.