4 Tips Menulis Ketika Otak Merasa Buntu

4 Tips Menulis Ketika Otak Merasa Buntu

Posted on

Exojol.com – Menulis bukanlah sebuah perkara yang mudah, dan sebaliknya. Tidak sulit rasanya untuk mulai menulis ketika kamu telah menemukan topiknya, dan perlahan menjadi sebuah kebiasaan.

Tips menulis yang efektif rasanya masih menjadi hal yang jauh dari gambaran diri saya. Beragam trik yang di coba terkadang justru membuat otak menjadi stuck. Tidak tahu mau menulis apa, tidak terbayang menentukan tema atau topik apa, apalagi rasanya sangat berat untuk merangkai kata demi kata hingga menjadi satu kesatuan tulisan yang bisa dinikmati oleh banyak orang. Bila kamu pernah mengalami hal tersebut, sangat wajar dan manusiawi rasanya. Karena dalam hal apapun, tubuh memiliki keterbatasan untuk memberikan sejumlah informasi pada otak, hingga akhirnya merasa buntu.

Untuk menyiasati dan mengusir rasa buntu dalam pikiran ketika hendak menulis, berikut saya berikan sedikit tips ampuh menemukan ide untuk menulis ketika otak merasa buntu.

1. Hirup udara segar sejenak

Rileks, santai, jangan tegang. Seringkali merasa kesulitan untuk mulai untuk menulis biasanya disebabkan karena otak yang terlalu fokus terhadap suatu hal. Entah mungkin kamu sedang kurang fit, memiliki masalah yang harus diselesaikan, faktor tekanan, dan lainnya. Jika kamu merasa buntu, padahal alat tulis atau notebook sudah di depan mata, saya sarankan keluar sejenak dan hirup udara segar. Jika kamu pecinta kopi atau teh, buatlah secangkir untuk menemani kamu sejenak saat menghirup udara segar di luar.

Posisi yang telah berubah tersebut secara tidak langsung akan mempengaruhi kondisi tubuh dan pikiran kamu. Awalnya ketika kamu berada di dalam ruangan, kemudian ketika keluar ruangan, kamu akan menemukan suasana baru yang dapat me-refresh pikiran kamu.

2. Dengarkan musik favorit

Membuka list musik favorit dan mendengarkannya juga mampu merubah mood anda seketika. Jika kamu berharap ingin kembali di posisi on fire, cobalah untuk menikmati musik yang nge-beat. Nikmati beberapa lagu favorit kamu hingga kamu sendiri bisa memastikan bahwa pikiran kamu telah benar-benar merasa sedikit lebih rileks.

3. Mencari informasi yang relevan dijadikan topik

Sambil menikmati secangkir kopi dan mendengarkan lagu favorit, silahkan kumpulkan beragam informasi yang sekiranya dibutuhkan. Mulai dari membuka sosial media atau situs favorit, biarkan sejenak jemari kamu bermain di atas gadget kamu dan terus mengarahkan hingga mendapatkan sebuah tema yang sesuai dengan keinginan kamu. Kumpulkan satu demi satu referensi tersebut untuk dijadikan sebagai gambaran dalam merangkai kata saat menulis.

Setelah mendapatkan beberapa referensi, mulai tuliskan kalimat-kalimat yang menjadi poin penting agar bisa dijadikan menjadi paragraf yang bisa dimengerti oleh orang yang akan membaca tulisan kamu. Tidak perlu takut untuk menjadi diri sendiri, karena setiap tulisan yang kamu temukan pasti memiliki gaya penulisan yang berbeda. Nikmati prosesnya hingga kamu bisa menemukan cara yang tepat bagi kamu sendiri untuk menulis. Mulai dari bahasa, gaya menulis, hingga penggunaan kata-kata yang bersifat baku. Saya yakin kamu sendiri yang akan memahaminya.

4. Yakin, dan selalu berpikir positif

Selanjutnya, setelah tulisan selesai, pastikan untuk melakukan cek dan ricek kembali terhadap tulisan kamu. Karena siapa tahu ada typo, kesalahan penulisan dalam kata-kata, atau tanda baca. Baca kembali dari awal hingga akhir. Jika kamu memiliki sedikit perubahan, jangan takut untuk melakukan sedikit perubahan. Karena biasanya justru itulah menurut saya yang akan menjadi polesan kata-kata yang mempercantik tulisan kamu.

Saya sama sekali tidak memiliki bakat menulis, dan semuanya belajar secara otodidak. Tetapi pada poin terakhir ini seringkali menjadi musuh terbesar saya. Ingin merasa sempurna dalam setiap tulisan, ingin tanpa kesalahan, menarik untuk di baca, atau kadang terlalu SEO minded saat membuat sebuah tulisan di blog exojol ini. Singkirkan perasaan itu pelan-pelan hingga anda mulai terbiasa. Intinya, yakin dan jagalah pikiran agar selalu tetap positif. Yakinlah bahwa setiap tulisan yang kamu buat akan memiliki manfaat bagi orang yang sedang mencari informasi yang berhubungan dengan tulisan kamu.

Buntu mau nulis apa?! Itu dia tips mendapatkan ide menulis yang bisa kamu coba. Tetap semangat, tetap produktif, keep blogging.

Gravatar Image
Hey, I'm writing everyday, SEO lover, and Noob Blogger.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *