5 Hal dari Media Sosial yang bisa bikin down

5 Hal dari Media Sosial yang bisa bikin down

Posted on

Perubahan dalam dunia teknologi mampu menciptakan kebiasaan baru yang bersifat negatif. Tapi, bisa bersifat positif bila anda dapat memanfaatkan Media Sosial dengan cerdas.

Media Sosial menjadi salah satu wadah online untuk bisa mengeksplorasi diri, untuk menyampaikan informasi, hingga memanfaatkannya sebagai media sebagai ladang bisnis. Salah satu kelebihan dari Media Sosial adalah anda dapat melakukan apapun tanpa mengenal waktu, batasan, hingga usia. Jadi, jangan heran jika Media Sosial menjadi wadah yang paling sering di akses oleh banyak orang untuk saling berbagi atau mendapatkan informasi.

Seiring manfaat yang dirasakan, pertumbuhan pengguna Media Sosial sangat pesat. Dan faktanya, tidak sedikit yang rela cek akun Sosmed mereka setiap saat. Terutama pada saat menghabiskan waktu atau sedang menunggu sesuatu.

Penduduk Indonesia hampir sekitar 60 persen telah menggunakan Media Sosial. Oleh sebab itu, jika anda termasuk salah satu pengguna Media Sosial aktif, berikut ada beberapa hal sepele yang bisa membuat diri anda justru menjadi down. Apa saja? Yuk lanjut di simak ke bawah.

Poin-poin yang dari Media Sosial yang bisa menyebabkan anda jadi merasa down :

1. Terbawa perasaan

Saya yakin mungkin kamu pernah mengalami hal ini. Terbawa perasaan atau di singkat baper menjadi satu hal yang paling sering dirasakan oleh para pengguna Media Sosial.

Baper karena melihat status atau postingan salah satu keluarga atau teman. Bila tidak disikapi secara positif, perlahan kamu akan merasakan pemikiran negatif yang sangat luar biasa. Bahkan, tidak tertutup kemungkinan jika tidak disikapi secara bijak, bisa-bisa efeknya akan membuat kamu menutup diri dari Media Sosial tersebut.

2. Merasa kecil, dan jauh dari kesempurnaan

Kesempurnaan hanya milik Tuhan, dan sebagai manusia sudah pasti sangat jauh dari kata sempurna.

Melihat status atau postingan keluarga atau salah satu teman kamu sedang selfie saat liburan, anggaplah hal yang biasa. Walaupun mungkin kamu belum pernah merasakannya, atau mungkin berkata dalam hati, “Kapan ya bisa kaya gitu..”. Kamu tidak akan akan tahu secara pasti bagaimana realita kehidupan mereka yang sebenarnya. Jadi, tetaplah bersikap positif. Karena kamu akan merasa lebih baik darinya pada saat mensyukuri nikmat yang kamu dapatkan saat ini.

3. Efek kamera jahat

Efek kamera pada perangkat smartphone mampu menciptakan hasil kamera yang luar biasa. Apalagi jika ditambah dengan aplikasi ‘Kamera Jahat’ yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Mulai dari kemampuannya menghilangkan jerawat, atau menjadikan wajah terlihat agak putih dari kondisi sebenarnya. Intinya hasil dari proses editing foto mampu membuat penggunanya terlihat lebih kece.

Tahukah kamu bahwa sederetan fitur tersebut mampu membuat siapapun yang melihat hasil editinya menjadi terheran-heran? Jadi pilih mana, terlihat kece karena hasil editan, atau terlihat biasa tapi asli?

4. Berita Hoax

Berita Hoax adalah informasi yang belum bisa dibuktikan kebenarannya, alias berita bohong. Dan salah satu penyebaran berita hoax yang paling cepat adalah melalui media sosial. Wajar jika terdapat oknum yang memanfaatkan Media Sosial sebagai media strategis untuk memuluskan tujuannya. Di mulai dari informasi yang palsu, ujaran kebencian, berita yang bersifat provokasi, hingga fitnah.

Sebelum anda terlanjur percaya dan memutuskan untuk membagikan informasi yang kamu dapatkan dari Media Sosial tersebut, alangkah baiknya pastikan kembali kebenaran informasinya. Kamu bisa memanfaatkan mesin Google penelusuran untuk mendapatkan kebenaran suatu informasi.

5. Tidak fokus

Media Sosial bisa menjadi penyebab anda tidak fokus ketika harus menyelesaikan pekerjaan. Notifikasi yang masuk justru akan membuat kamu membuka kembali akun media sosial anda. Tanpa di sadari sebenarnya kamu telah menyita sebagian waktu bekerja kamu untuk media sosial. Oleh karena itu, sebaiknya hindari Media Sosial ketika kamu sedang bekerja agar agar dapat lebih fokus.

Itu dia poin-poin yang bisa menjadikan Media Sosial justru membuat kamu down dan berdampak negatif. Tidak ada larangan untuk bermedia sosial, tetapi alangkah baiknya jika kamu bisa memanfaatkan media sosial sebagai wadah yang tepat dengan cara yang positif.

Gravatar Image
Hey, I'm an Betta lovers. Tryin' to writing everyday, SEO lover, and Noob Blogger.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *