6 Bisnis Pilihan Untuk Ojek Online Saat Musim Order Sedang Sepi

6 Bisnis Pilihan Untuk Ojek Online Saat Musim Order Sedang Sepi

Posted on

Pembatasan Sosial Berskala Besar atau di singkat PSBB yang diputuskan pemerintah setempat selama 14 hari ke depan berdampak sangat besar pada pendapatan Ojek Online.

Saat awal pandemi global mulai menunjukkan taringnya di negeri kita, secara perlahan pemerintah melakukan berbagai strategi untuk memberikan keamanan serta kenyamanan rakyatnya. Di mulai dari meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya menjaga kesehatan, social distancing, physical distancing, hingga Pembatasan Sosial Berskala Besar saat ini.

Kurang lebih sudah hampir satu bulan sejak Virus Corona mulai menjadi pandemi di negeri kita, sebenarnya pendapatan dalam dunia transportasi online, khususnya Ojek Online sudah merasakan penurunan pendapatan. Perlahan semakin kesini, saya rasakan sepertinya semakin berat. Dalam kondisi yang semakin tidak menentu seperti saat ini mungkin sudah waktunya untuk mencari peluang lain yang bisa menyangga ekonomi saya demi menghidupi keluarga.

Bagaimana prospek Ojek Online ke depannya? Apakah ini pertanda akan memasuki masa suram?

Sebelum saya bicara mengenai macam-macam prospek yang mungkin bisa kamu lakukan, mungkin kalimat di atas juga menjadi pertanyaan yang ada dalam benak anda. Ekonomi yang terpuruk akibat pandemi saat ini sebenarnya bukan hanya dialami oleh Ojol. Berbagai bidang sangat merasakan dampaknya, bahkan saya yakin kamu telah mendapatkan beragam informasi mengenai PHK besar-besaran, Usaha Kecil Menengah yang tutup, karyawan yang harus rela diberikan gaji hanya sekian persen karena sulitnya kondisi saat ini, dan masih banyak lainnya.

Para pelaku ekonomi yang sudah termasuk kategori menengah ke atas saja sangat merasakan dampaknya, apalagi ojek online. Yang penghasilannya sebagian besar sangat dipengaruhi oleh pelajar atau pekerja kantoran, sementara saat ini mereka tidak ada, segalanya harus #WorkFromHome. Secara otomatis, tingkat orderan akan sangat jauh menurun. Kalaupun ada, alternatifnya adalah order yang berkategori pelayanan pengiriman barang atau layanan pemesanan makanan.

6 Bisnis Pilihan Untuk Ojek Online Saat Musim Order Sepi

Jadi, apakah ini menjadi pertanda bahwa mencari uang di bidang transportasi online sudah memasuki masa suram? Atau apakah ojek online sudah tidak bisa lagi dijadikan sebagai pekerjaan yang bisa memenuhi kebutuhan ekonomi? Menurut saya adalah, bisa. Asalkan, kondisinya tidak seperti saat musim pandemi saat ini. Lebih tepatnya seperti masa-masa kemarin ketika banyak anak sekolah & para pekerja kantoran melakukan aktivitas seperti biasanya.

Ini 6 alternatif peluang bisnis yang bisa dilakukan untuk Ojek Online

Saya yakin banyak yang mencoba mencari peluang-peluang untuk menopang ekonomi keluarga. Disaat order sedang sulit serta kondisi di lapangan yang tidak kondusif, solusinya adalah bertahan atau melawan arus. Jika kamu memilih bertahan, maka kamu harus sabar menghadapi semuanya hingga masa pandemi berakhir. Tapi jika kamu memiliki niat yang kuat untuk melawan arus, saya percaya kamu mungkin akan melakukan hal yang mungkin tidak pernah dilakukan sebelumnya walaupun dengan keterbatasan.

Untuk mempersingkat waktu, berikut beberapa peluang bisnis yang bisa anda lakukan :

1. Jualan online

HP yang anda miliki adalah salah satu media yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan. Salah satunya adalah dengan jualan online. Baik melalui marketplace atau sosial media. Jika kamu tidak memiliki modal untuk menjual suatu barang, kamu bisa menjadi dropshipper dengan mencari supplier atau reseller yang menerima layanan dropship. Beragam jenis produk yang saat ini telah memiliki layanan dropship, di mulai dari fashion, perlengkapan rumah tangga, kerajinan tangan, hingga asesoris. Jangan tanya saya gimana cara mencarinya, tapi silahkan googling untuk menemukannya.

2. Menjadi Reseller

Tidak jauh berbeda dengan poin pertama di atas. Karena seorang reseller biasanya akan berjualan secara online. Yang menjadi pembeda adalah, seorang Reseller berjualan dengan cara harus memiliki suatu produk tertentu. Penghasilan yang didapatkan dari seorang reseller cukup variatif, biasanya sekitar 10-40 persen, tergantung kesepakatan atau peraturan yang diberikan dari supplier. Kemudian yang menjadi kekurangan bagi kita untuk menjalankan bisnis menjadi reseller adalah membutuhkan modal. Jika kamu masih memiliki sedikit simpanan di tabungan, reseller bisa mejadi salah satu alternatif bisnis pilihan saat ini.

3. Affiliate Marketing

Seorang affiliate marketing akan mendapatkan keuntungan ketika telah berhasil melakukan penjualan. Jadi, penghasilan yang didapatkan adalah berdasarkan persentase. Rata-rata persentase yang didapatkan biasanya sekitar 10-20 persen dari total penjualan.

Bagi saya orang awam, sederhananya affiliate marketing mirip seperti calo atau makelar. Ya, kita akan mendapatkan keuntungan setelah berhasil menjual barang. Jika anda sama seperti saya, merasa kesulitan untuk melakukannya affiliate secara online, tapi mungkin kamu bisa mencoba melakukannya secara sederhana hanya bermodal Media Sosial dan WA. Intinya, kamu mencari pembeli dan tinggal mempertemukannya bersama si penjual.

4. Menjual jasa

Coba ingat kembali, apa kira-kira keahlian yang kamu miliki yang selama ini terlupakan karena fokus ngebid. Mungkin punya keahlian di bidang elektronik, skill di bidang otomotif, menyupir, menulis, design, atau memiliki relasi oleh seseorang yang memiliki peran strategis. Ya, produk berupa jasa memang sifatnya tidak terlihat. Tetapi jangan salah, ketika seseorang telah merasa puas dengan kinerja kamu, biasanya orang tersebut tidak tertutup kemungkinan akan repeat atau kembali mempercayakan kamu untuk mengerjakannya.

5. Menjadi Blogger atau Youtuber

Menjadi Blogger atau Youtuber sudah menjadi trend sejak era digitalisasi. Kamu memiliki keahlian dalam menulis, mungkin menjadi blogger bisa menjadi alternatif pekerjaan yang bisa dilakukan. Bila kamu memiliki percaya diri dan memiliki keahlian di bidang videografi, menjadi Youtuber bisa menjadi pilihan yang tepat.

Banyak sekali sumber yang bertebaran di internet mengenai cara mencari uang dari blog ataupun cara mendapatkan penghasilan dari Youtube. Silahkan pelajari dan tanyakan pada Google. Namun kekurangan dalam mencari uang menjadi Blogger atau Youtuber adalah membutuhkan waktu. Karena untuk keduanya, kamu sudah dapat melakukan monetize jika telah berhasil dalam kriteria tertentu.

6. Mencari pekerjaan baru

Beberapa orang teman saya sudah melakukan hal ini. Karena menurut saya peluang terakhir yang bisa kamu lakukan untuk membuat dapur tetap ngebul adalah mencari pekerjaan baru. Mungkin penghasilannya tidak sebesar hasil ngebid saat kondisi normal. Tapi mengingat kondisi yang sulit sekarang ini, mendapatkan pendapatan yang bersifat pasti akan memiliki nilai lebih. Entah ini bersifat harian, mingguan, atau bulanan. Setidaknya kamu memiliki gambaran penghasilan secara lebih realistis.

Untuk mencari pekerjaan baru kamu bisa memulainya dari teman-teman, situs terpercaya yang memberikan informasi mengenai lowongan pekerjaan, bisa juga dengan cara mengumumkannya secara langsung dengan cara pasang status di WA atau di posting akun media sosial kamu “Mencari Pekerjaan”.

Itu dia 6 bisnis pilihan yang bisa dilakukan ojek online versi saya. Sebagai pejuang keluarga, harapan saya semoga kamu tetap diberikan kesehatan, kesabaran, ketegaran, serta tetap terus berikhtiar. Tidak ada kata menyerah, tidak ada kata kalah, tetap terus melangkah walaupun keadaan semakin sulit.

Gravatar Image
Hey, I'm writing everyday, SEO lover, and Noob Blogger.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *