Sumber gambar : republika.com
8 Cara mengusir rasa jenuh saat menjalani hari-hari #DiRumahAja

8 Cara mengusir rasa jenuh saat menjalani hari-hari #DiRumahAja

Posted on

Tanpa di sadari hari ini sudah dua Minggu berlalu, semua berjalan seperti tidak biasanya. Jauh dari keramaian, jauh dari aktivitas normal yang biasa dilakukan saat kemarin-kemarin.

Social Distancing secara perlahan akan menciptakan kebiasaan-kebiasaan baru nantinya. Baik pada arah yang positif, ataupun negatif. Tetapi saya percaya bahwa salah satu efek yang dirasakan dari Social Distancing adalah tingkat kebosanan yang tinggi. Jika diabaikan dan tidak segera mengobatinya, justru itu akan berbahaya pada mental kamu. Yang secara tidak langsung akan mempengaruhi hormon endorfin serta imunitas dalam tubuh.

Seberapa penting Social Distancing dilakukan?

Memang masalah ini memiliki dua penilaian yang berbeda. Tapi, menurut saya pribadi langkah ini menjadi salah satu cara yang harus dilakukan di tengah pandemi global demi memutus pertumbuhan Virus Corona.

Segala hal mulai dilakukan dari rumah. Mulai dari sekolah, bekerja, berinteraksi sosial, dan bahkan sudah banyak hal lain yang mulai dilakukan dengan dengan cara digitalisasi. Itulah yang saya sebut dengan perubahan kebiasaan. Mutlak ataupun tidak, namun hal-hal yang telah dilakukan oleh banyak orang akan menjadi sebuah perubahan yang nantinya bisa bersifat permanen, atau sementara. Mau tidak mau, apapun efeknya itu di kemudian hari, Social Distancing tetap memiliki dampak yang cukup masuk akal demi menghambat, atau bahkan memutus mata rantai penyebaran Virus Corona.

Cara mengusir rasa bosan di rumah ketika menjalani Self Quarantine

Dalam menjalani Social Distancing atau pembatasan sosial dan jarak sudah pasti kamu akan banyak menjalani hari-hari lebih banyak di rumah. Oleh sebab itu tidak heran bila Social Distancing lebih erat kaitannya dengan cara melakukan Self Quarantine. Baik itu bagi yang sehat, ataupun telah terpapar Covid-19. Berikut tips agar tidak bosan ketika segalanya harus dilakukan #DiRumahAja,

1. Nonton film

Dengan lebih banyak waktu di rumah, nonton film favorit cukup efektif untuk mengusir rasa bosan. Kamu bisa memilih beragam film di saluran televisi favorit kamu, atau melalui gadget kesayangan kamu.

2. Bermain game

Bermain game online menjadi salah satu pilihan yang paling dilakukan oleh anak-anak hingga kaum milenial. Menghabiskan sedikit waktu untuk mengusir rasa jenuh sejenak, bila dilakukan dengan fokus, bermain game bisa menghabiskan waktu berjam-jam tanpa anda sadari. Menurut saya ini menjadi pilihan yang cukup efektif untuk mengusir rasa bosan saat di rumah.

3. Browsing atau berinteraksi via Media Sosial

Sosmed alias Sosial Media menjadi alternatif paling cepat dan efektif ketika kamu membutuhkan suatu informasi, baik itu informasi terkini ataupun informasi mengenai keadaan teman-teman kamu. Tidak ada salahnya, kamu bisa browsing untuk mendapatkan informasi terkini. Atau mengecek Media Social kamu untuk mengetahui informasi serta kabar teman-teman kamu saat ini. Setidaknya, dengan “Say Hello..” dan menanyakan kabarnya, kamu telah menjalin komunikasi yang mungkin beberapa hari ini sempat terputus.

4. Melakukan olah raga ringan

Berolah raga bisa meningkatkan peredaran darah dalam tubuh menjadi lebih baik. Dengan berolah raga kamu juga secara tidak langsung telah menjaga kesehatan. Kamu bisa melakukan olah raga yang bersifat ringan di rumah seperti berlari di sekitar halaman, yoga, sit up, push up, dan lainnya yang menurut kamu bisa dengan mudah dilakukan.

5. Ngemil

Frekuensi makan saat di rumah sedikit banyak akan berpengaruh bila dibandingkan di luar rumah. Dengan kondisi seperti ini, kamu bisa mengusir rasa bosan denga menikmati cemilan favorit kamu.

6. Membersihkan rumah

Kamu bisa memperhatikan sekeliling ruangan di rumah kamu lalu membersihkannya. Siapa tahu ada ruangan atau bagian yang kotor karena kamu tidak sempat membersihkannya kemarin-kemarin. Selain membuat kamu menjadi lebih nyaman di rumah.

7. Mendekatkan diri pada Tuhan

Kesehatan tubuh tidak ada artinya bila tidak di dukung dengan kesehatan spiritual. Dengan mendekatkan diri padaNya, kemudian berdoa, akan memberikan semangat yang berbeda untuk melakukan kegiatan selanjutnya.

8. Tetap menjaga untuk selalu berfikir positif

Banyak sekali informasi yang beredar mengenai Virus Corona. Secara tidak langsung otak dapat menyerap, dan tidak tertutup kemungkinan menciptakan suatu ketakutan terhadap pandemi ini, ketakutan yang berlebihan sehingga membuat kamu seakan paranoid terhadap diri sendiri. Selain itu, ketika kamu mendengar setiap informasi, tidak sedikit terdapat informasi yang sifatnya menyesatkan. Entah itu dikaitkan dengan hal-hal lain seperti politik, kepentingan suatu negara, atau yang sifatnya hanya berita spekulasi. Dengan berfikir positif, kamu dapat melanjutkan setiap aktivitas yang harus diselesaikan dengan aman, nyaman, dan tanpa merasakan beban.

Itu dia 7 tips mengusir rasa bosan ketika #DiRumahAja yang bisa kamu coba. Bila anda tambahan, jangan sungkan untuk komentar di bawah. Semoga pandemi ini bisa segera berlalu, serta kita semua dapat melalui masa sulit saat ini dengan tegar dan tetap berikhtiar.

Gravatar Image
Hey, I'm an Betta lovers. Tryin' to writing everyday, SEO lover, and Noob Blogger.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *