8 Tips Merawat Baterai HP Agar Awet dan Tahan Lama

8 Tips Merawat Baterai HP Agar Awet dan Tahan Lama

Posted on

Exojol.com – Di era yang serba modern dan canggih saat ini, bisa dikatakan sebagian besar type smartphone yang beredar telah di bekali dengan spesifikasi yang semakin canggih. Secara umumnya saat ini adalah seperti dilengkapi dengan prosessor yang cepat, kapasitas memory yang besar, kualitas kamera yang jernih, dengan dukungan layar yang akan memanjakan mata, hingga kapasitas baterai yang cukup mumpuni.

Selain untuk mendukung bermain mempermudah pekerjaan ataupun bermain game, kehadiran smartphone saat ini juga ditujukan untuk kebutuhan multitasking yang sangat tinggi. Kesimpulannya, dari semua itu adalah daya baterai pada hp yang di gunakan akan cepat terkuras, yang pada akhirnya akan membuat baterai smartphone cepat kembung. Apalagi jika smartphone selalu di gunakan untuk bermain game dengan waktu lama, secara perlahan akan menyebabkan cepat panas dan baterai cepat habis.

Oleh karena itu, agar baterai ponsel anda tetap awet dan bisa di gunakan jangka waktu yang lebih panjang, maka dalam kesempatan ini saya akan berbagi dengan 8 tips untuk merawat baterai hp agar lebih tahan lama.

Cara merawat baterai HP agar tahan lama

Hampir sebagian besar produsen membekali smartphone buatannya dengan kapasitas baterai yang cukup besar. Tetapi secara tidak langsung tingginya kebutuhan dan aktivitas yang dilakukan dari hp semakin bertambah, jika anda tidak melakukan penggunaan serta perawatan hp dengan baik dan benar juga dapat mengurangi umur baterai. Maka dari itu, silahkan simak tips yang bisa kamu coba di bawah ini.

1. Hindari menggunakan mode getar

Seperti yang kita ketahui, dengan mengaktifkan efek mode getar maka setiap notifikasi yang masuk akan lebih mudah diketahui. Entah itu bunyi notifikasi SMS, panggilan telepon masuk, WA, FB dan aplikasi lainnya yang terinstal di smartphone kamu. Kalau melihat manfaat secara umum, mode getar memang cukup memberikan efek positif bagi setiap usernya. Tapi, perlu kamu ketahui bahwa dengan mengaktifkan mode notifikasi dan getar, hp membutuhkan kinerja dan daya sedikit lebih besar untuk dapat memberikan perintah saat dalam mode vibrate. So, ini akan menyebabkan baterai sedikit lebih cepat habis.

Solusinya, pastikan untuk melakukan pengaturan pada hp kamu untuk lebih selektif lagi dalam mengaktifkan fitur getar ini. Kalaupun anda harus mengaktifkannya, pastikan bahwa aplikasi atau fitur tersebut memang benar-benar diperlukan.

2. Berhenti sejenak ketika suhu HP panas

Selain karena faktor cuaca ketika berada di luar ruangan, penggunaan hp secara terus menerus dapat menyebabkan hp mengalami overheat atau panas yang berlebihan. Jika kondisi seperti ini terus di biarkan maka besar kemungkinan baterai akan cepat kembung dan rusak. Oleh karena itu, gunakan hp dengan baik dan bijak meskipun kamu seorang gamers sejati, atau seorang pengguna hp yang benar-benar mengandalkan hp sebagai perangkat kerja.

Jika kamu merasakan panas yang berlebihan pada hp, sebaiknya berhentilah sejenak untuk memberikan waktu sejenak terhadap kinerja hp. Dalam jangka panjang, hal ini juga mempengaruhi pada usia penggunaan atau masa pakai baterai agar bisa lebih awet.

3. Atur durasi saat sedang melakukan Charging

Kalau biasanya kamu melakukan charge hp semalam penuh, inilah waktunya bagi kamu untuk merubah kebiasan kamu pada saat melakukan charge. Untuk membuat baterai hp lebih awet, sebaiknya lakukan pengecasan saat kondisi baterai masih di 40% dan mencabutnya jika sudah mencapai 80%. Tujuannya agar betari tetap stabil tidak pernah kehabisan dan tidak pula terlalu penuh.

Walaupun sebaiknya tidak dianjurkan melakukannya terlalu sering, tetapi setidaknya ini dapat menghindari over charging. Alias melakukan pengecasan dalam waktu yang lama, yang biasanya sering terjadi saat kita tinggal tidur di malam hari dan mencabutnya saat pagi hari. Dengan asumsi pada trik ini, kamu telah mencegah asupan daya listrik yang berlebih pada baterai hp. Karena jika dilakukan secara terus-menerus dapat menyebabkan umur baterai tidak bisa bertahan lama.

4. Aktifkan Fitur Battery Saver

Untuk smartphone canggih saat ini biasanya telah di lengkapi dengan fitur ini sehingga saat kondisi baterai menurun kamu bisa memanfaatkannya. Sistem kinerja dari fitur ini yaitu secara otomatis akan mengurangi kinerja berat dari CPU-nya. Biasanya, notifikasi untuk menggunakan fitur Battery Saver ini akan muncul ketika kondisi hp anda sedang dalam kondisi low batt / baterai lemah.

Dengan mengaktifkan mode Battery Saver, beberapa kinerja akan di pangkas untuk meminimalkan penggunaan daya baterai.

5. Setting Kecerahan layar HP sesuai dengan kebutuhan

Kecerahan layar pada sebuah smartphone juga sangat mempengaruhi daya tahan baterai. Sebaiknya kamu setting kecerahannya di level paling rendah sehingga baterai akan bisa bertahan lebih lama dan lebih hemat. Intinya, silahkan sesuaikan kecerahan layar dengan kondisi kamu jika anda menggunakan konfigurasi kecerahan manual. Dan satu lagi, silahkan juga kamu atur Time Sleep di hp dengan durasi paling yang paling pendek, atau sesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya saja 30 detik.

6. Aktifkan notifikasi dengan bijak

Dengan menonaktifkan fitur notifikasi, maka kinerja smartphone akan sedikit lebih santai dan membuat baterai lebih hemat. Untuk melakukan setting notifikasi, silahkan masuk di Menu, Setting kemudian pilih Apps, lalu pilih aplikasi yang ingin kamu non aktifkan notifikasinya. Selanjutnya, di bagian Show Notification silahkan kamu hapus centangnya dengan mengkliknya.

Setiap merk hp memiliki tampilan yang berbeda-beda. Tetapi secara umum akan memiliki fungsi yang sama. Silahkan anda mencobanya untuk melakukan setting notifikasi sesuai dengan kebutuhan, atau notifikasi dari aplikasi yang rasanya cukup penting bagi kamu.

7. Non aktifkan fitur lokasi

Sebagian besar aplikasi yang tersedia saat ini bisa dikatakan akan mengakses lokasi. Tapi untuk mencegah baterai hp agar tidak cepat habis, saya sarankan untuk non aktifkan fitur lokasi. Kalaupun kamu harus menggunakan fitur ini, silahkan hidupkan saat dibutuhkan. Mungkin itu ketika kamu akan berbagi lokasi dengan keluarga atau teman, ketika kamu ingin menggunakan aplikasi yang membutuhkan perizinan lokasi, serta harus berbagi lokasi secara real time dalam beberapa menit ke depan.

Penggunaan lokasi yang terhubung dengan data akan menyebabkan kinerja baterai lebih cepat habis. Intinya, non aktifkan saja fitur lokasi di hp kamu jika dirasa tidak diperlukan.

8. Jangan Menggunakan Live Wallpaper

Penggunaan live wallpaper di hp memang dapat menjadikan tampilan layar menjadi terlihat keren. Tapi tahukah kamu bahwa dengan mengaktifkan fiitur live wallpaper membuat baterai lebih boros. Mungkin itu gambar bergerak atau dengan format animasi. Tetapi untuk menjaga performa baterai agar lebih awet dan tahan lama, sebaiknya kamu menggunakan background yang bersifat statis, tidak bergerak, alias sekedar foto atau background saja ya.

Ok, itulah 8 cara merawat baterai hp agar tahan lama. Semoga tips ini bermanfaat buat kamu.

Gravatar Image
Hey, I'm writing everyday, SEO lover, and Noob Blogger.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *