Antara Gojek Grab dan Shopee II

Antara Gojek, Grab, dan Shopee..

Posted on

Seperti sebuah kalimat yang sering terucap saat sedang patah hati atau sedang bimbang, “Antara aku, kau dan dia..”. Mungkin sepertinya hal ini juga menjadi sebuah kalimat yang pas dalam persaingan sengit dalam dunia transportasi. Mungkin, Gojek dan Grab masih menjadi duo hijau yang namanya tetap berkibar meskipun ada beberapa kompetitor yang selalu mencari ceruk pasar yang tak tersentuh oleh mereka berdua. Entah itu dalam layanan penumpang, pengiriman barang, sampai pesan antar makanan.

Tetapi mungkin untuk saat ini Gojek, Grab dan Shopee ikut menjadi bayangan yang selalu mengikuti tuntutan zaman yang serba digital. Mau apa-apa tinggal pake jempol atau telunjuk, tidak sesulit zamannya waktu handphone Symbian masih berjaya. Atau mungkin bagi saya sebagai ojol, tidak sesulit zamannya waktu narik yang setiap hari tupo. Mau apa-apa tinggal pake aplikasi transportasi favorit kita buat jalan ke suatu tujuan, ataupun pesan makanan dan minuman. Tapi sekarang, boro-boro sob! Buat makan aja kudu ngirit!

Orientasi mengeruk keuntungan sebesar-besarnya oleh Gojek dan juga Grab saat ini harus memupus kebiasaan lama saya, atau mungkin kebiasaan kamu juga, ketika Gojek dan Grab masih memberikan bonus pada mitranya yang berhasil mencapai batas poin yang ditetapkan.

Antara aku, kau, dan dia. Ya.., mungkin apa yang ada dalam pikiran kamu sama seperti saya. Terutama sejak ShopeeFood perlahan mulai turun ke jalan dengan warna yang tegas dan berbeda dari kedua pionir-nya (Gojek & Grab). Bahkan tidak heran jika ada suatu resto dengan warna orange yang mendominasi. Dengan promo yang menggiurkan, serta mitra yang perlahan semakin banyak.

Shopee awalnya merupakan salah satu Marketplace di Singapura yang berdiri sejak tahun 2015 lalu ini seakan menjadi sebuah babak baru dalam dunia transportasi, khususnya dalam layanan pesan antar makanan.

Gencarnya perekrutan driver-driver oleh pihak Shopee justru menjadi dua mata pisau yang cukup efektif untuk menggerus dunia layanan pesan antar makanan. Begitupun mungkin para barisan driver sakit hati, mereka seperti mendapatkan sebuah harapan baru. Karena dengan sistim yang bisa dikatakan serupa tapi tak sama pada masa Gojek dan Grab bakar duit beberapa tahun lalu, ini menjadi sebuah nilai yang cukup manusiawi. Yaitu ShopeeFood masih memberikan insentif pada mitranya.

Mencari rejeki dengan 3 akun sekaligus menjadi sebuah cara yang mungkin bisa dikatakan ideal saat ini. Meskipun ada yang fokus pada satu atau dua aplikasi, tapi kehadiran 3 akun (Gojek, Grab dan ShopeeFood) akan sangat menentukan. Kenapa? Karena disitulah letak kesetiaan seorang driver jiwanya terguncang. Mau pilih Gojek, Grab, atau pilih Shopee? Mungkin kamu pernah kebingungan kan waktu menjalaninya secara bersamaan?

Intinya adalah, ketersediaan orderan! Yap, ketersediaan orderan dengan tarif yang manusiawi, keadilan dalam sistim pembagian order, serta adanya penghargaan terhadap kinerja yang telah terselesaikan sebagai penyemangat. Apakah semuanya dirasakan? Saya yakin, ada yang sudah mantap tetap bertahan di satu bendera, dan juga ada yang menggunakan 2 atau bahkan ketiga akun ini. Up to you, itu semua adalah hak dan nyamannya masing-masing, karena tetap saja status kita hanyalah sebagai mitra.

Baca juga : 5 Alasan susah Move On dari dunia ojol

Walaupun ShopeeFood saat ini hanya memiliki layanan pesan antar makanan, tapi tidak tertutup kemungkinan secara perlahan akan menggeser posisi nyaman duo hijau. Apalagi mengingat Shopee yang sudah berekspansi di beberapa negara di Asia ini di bawah naungan perusahaan besar yang saya rasa punya duit banyak untuk menggaet pelanggan baru dan mempertahankan kesetiaan penggunanya dengan program-program menarik. Dengan memiliki Marketplace, traffic setiap harinya yang bejibun, punya ShopeePay yang menjadi dompet digital sendiri, serta posisinya saat ini yang cukup diperhitungkan dalam nilai transaksi. Wow, walaupun cuma kang ojek tapi rasanya cukup menarik bagi saya.

Dari sisi sebagai driver, pastinya nilai pendapatan yang sesuai dengan harapan akan menjadi sebuah pertimbangan akan memilih yang mana. Sedangkan dari sisi customer, promo dengan harga yang paling miring akan menjadi pilihan. Kemudian dari pihak resto, nominal potongan yang kecil serta orderan yang melimpah akan membuatnya tersenyum manis karena omzetnya sangat terbantu dengan kehadiran si orange.

Baca juga : 6 Tips Move On dari dunia ojol

Antara aku, kamu, dan dia. Pilih mana? Intinya sama-sama ojol yang masih belum berdiri sendiri dan tertekan dengan ketidak stabilan ketersediaan order setiap harinya. Ingat sob, cicilan masih panjang…

Gravatar Image
Hey, I'm an Betta lovers. Tryin' to writing everyday, SEO lover, and Noob Blogger.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *