Cara Menggunakan Fitur Baru Facebook Shop Section

Cara Menggunakan Fitur Baru Facebook Shop Section

Posted on

Exojol.com – Nama Facebook bukan hanya sekedar sebagai Media Sosial, dengan beragam fitur yang terus dikembangkan, Facebook perlahan memberikan beragam kemudahan bagi setiap penggunanya.

Belum lama aplikasi Facebook Indonesia telah mengumumkan adanya fitur tambahan baru yang bisa di manfaatkan secara gratis. Kali ini Facebook akan memanjakan bagi mereka para pelaku UKM (Usaha Kecil dan Menengah) sehingga nantinya mereka bisa mempromosikan produk yang di miliki secara gratis. Selain gratis nantinya produk yang di promosikan juga akan terlihat profesional.

Perkembangan media digital memberikan peluang tersendiri bagi pelaku pasar, termasuk dalam hal ini. Shop Section diharapkan dapat dimanfaatkan oleh kamu yang berperan sebagai pelaku usaha, sebagai salah satu metode yang bisa diterapkan untuk mengembangkan brand usaha kamu pada cakupan yang lebih luas lagi. Bagaimana? Apakah kamu siap untuk ikut menggunakannya?

Untuk mempersingkat waktu, dan menghilangkan rasa penasaran pada fitur barunya ini, Facebook menamakannya dengan fitur Shop Section.

Apa Itu Facebook Shop Section?

Shop Section adalah fitur baru dari facebook untuk yang dapat di gunakan sebagai alat bantu untuk para pelaku UKM agar bisa menampilkan setiap produknya di halaman fans. Lewat fitur ini nantinya para pembeli dan juga pemiliki produk bisa saling berinteraksi dan saling bertransaksi.

Adapun untuk cara menggunakannya, silahkan anda mengikuti langkah-langkah yang akan saya ulas di kesempatan kali ini. So, jika anda termasuk salah satu pelaku UKM, silahkan simak ulasan lengkapnya untuk memanfaatkan fitur Shop Section di bawah ini.

Cara Menggunakan Fitur Shop Section di Facebook

1. Pertama, silahkan kamu buka fitur Fan Page Facebook yang kamu kelola. Setelah itu silahkan kamu lihat di bagian sidebar, letaknya di bagian sebelah kiri, silahkan cari menu Add Shop Section.

2. Apabila muncul notifikasi, silahkan klik Add Shop Section.

3. Berikutnya silahkankamu atur untuk pembayaran menggunakan mata uang yang sesuai dengan keinginan. Karena ini adalah Facebook Indonesia, pastinya silahkan pilih mata uang Rupiah. Lalu klik Save.

4. Berikutnya kamu bisa menambahkan produk untuk di tampilkan. Caranya dengan klik Add Products.

5. Pada halaman selanjutnya kamu bisa menambahkan nama produk yang kamu upload, deskripsi dari produk tersebut, menambahkan foto atau bisa juga video.Setelah di isi secara jelas, kemudian klik Save.

6. Sekarang kamu sudah berhasil membuat satu produk di fitur baru ini. Kemudian kita hanya tinggal menunggu notifikasi dari Facebook bahwa produk kamu telah tayang. Untuk menambahkan produk lainnya, kamu bisa mengulangi cara di atas.

Sampai disini kamu telah berhasil menggunakan fitur Shop Section. Perlu kamu ketahui bahwa fitur ini tidak hanya untuk menambahkan produk saja, tapi juga bisa menyalin tautan, menghapus toko bahkan bisa melihat barisan produk dari para penjual lain. Untuk mengetahui lebih banyak mengenai fitur ini, kamu bisa melakukan eksplorasi melalui dengan klik icon gear (roda gerigi) yang letaknya berada di sebelah tombol Share Shop.

Semoga dengan adanya fitur ini, anda dan juga para pelaku UKM diharapkan bisa lebih antusias untuk terus meningkatkan produk-produk dalam negeri yang secara tidak langsung ujungnya akan berdampak pada peningkatan perekonomian. Karena memang pada dasarnya dengan adanya fitur ini, Facebook sendiri juga berharap para pelaku UKM bisa meningkatkan bisnisnya pada level yang lebih luas.

Apa saja kelebihan fitur Shop Section dari Facebook?

Secara garis besar tentu saja fitur Shop Section ini memiliki banyak kelebihan. Seperti memangkas biasaya promosi di toko online, bisa menghemat untuk biaya server dan perpanjang domain jika selama ini anda melakukan promosi lewat blog atau website, dan pastinya jangkauan pasar yang dituju akan menjadi lebih luas.

Sampai disini, semoga informasi ini bisa bermanfaat. Sekarang kamu tinggal melakukan action, membuat strategi bagaimana caranya membuat produk kamu lebih di kenal di seluruh indonesia lewat fitur ini. Bahkan, kalau rasanya memiliki kualitas yang bersaing, tidak tertutup kemungkinan produk kamu dapat tembus pasar global melalui fitur ini. Mengingat bahwa strategi marketing di era digital saat ini, media sosial merupakan salah satu tumpuan sebagai media yang harus digunakan sebagai promosi.

Baca juga : Cara mengatasi url blog yang di blokir Facebook

Gravatar Image
Hey, I'm an Betta lovers. Tryin' to writing everyday, SEO lover, and Noob Blogger.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *