Cara memotong lagu dengan aplikasi MP3 Cutter

Cara Mudah Membuat Nada Dering Mp3 Sendiri

Posted on

Exojol.com – Menggunakan nada dering mp3 dengan lagu-lagu favorit dapat memberikan semangat tersendiri. Terutama bagi kamu yang memfavoritkan lagu lagu kesayangan dan menjadikannya nada dering.

Cara membuat nada dering menggunakan mp3 tidak akan membuat kamu mati gaya. Dalam arti kata, kamu bisa gonta ganti nada dering dengan lagu-lagu yang sedang hits, atau lagu kesayangan kamu. Tapi, biasanya kamu ingin mengambil suatu lagi yang potongannya di bagian reff saja kan? Oleh sebab itu, kali ini saya akan share bagaimana caranya membuat nada dering mp3 sendiri menggunakan bantuan aplikasi android.

Sebelumnya, trik kali ini menggunakan bantuan aplikasi yang menurut saya paling mudah dan simple digunakan. Selain itu, aplikasi ini tergolong berukuran tidak terlalu besar. Sehingga kamu tidak perlu khawatir space penyimpanan di smartphone kamu membengkak. Nama aplikasinya adalah MP3 Cutter and Ringtone Maker.

Sebelum lanjut, bagi kamu pengguna android, silahkan download dulu aplikasi MP3 Cutter and Ringtone Maker [via Play Store]. Kemudian instal.

Step by step cara memotong lagu dengan aplikasi MP3 Cutter and Ringtone Maker

Untuk mulai membuat nada deringnya, tolong pastikan bahwa lagu yang akan di potong dan dijadikan nada dering sudah ada di smartphone kamu. Silahkan buka aplikasi MP3 Cutter and Ringtone Maker, lalu klik ‘Cut a Song/Music’, silahkan pilih lagu yang akan kamu potong.

Step by step cara memotong lagu dengan aplikasi MP3 Cutter and Ringtone Maker

Kemudian, pada halaman selanjutnya ini kamu akan berada pada tampilan pemutar musik. Nah, inilah waktunya kamu melakukan pemotongan dan mengambil posisi nada / lagu yang pas dengan sesuai selera kamu. Kamu bisa melakukan drag and drop pada bagian awal dan akhir lagu sesuai kebutuhan. Bila rasanya agak membingungkan, kamu bisa melihat grafik yang ada pada interface. Karena biasanya gambaran grafik tersebut akan menyesuaikan irama nada tinggi atau rendah pada lagu. Silahkan geser menu pemotong untuk ‘Start’ dan ‘End’, lalu lakukan tester dengan klik play untuk mengetahui apakah potongan lagu yang diinginkan sudah benar-benar pas dan sesuai. Kalau belum, ulangi kembali dengan menggeser tanda pada ‘Start’ dan ‘End’, dan tester kembali. Lakukan cara tersebut hingga anda benar-benar merasa potongan lagunya benar-benar sesuai dengan yang kamu inginkan.

Jika potongan lagu yang akan dijadikan nada dering sudah sesuai, klik tombol ‘Save’ yang berada di pojok kanan atas. Kemudian silahkan berikan nama filenya, dan save as dengan type ‘Notification’. Setelah klik save, kamu akan mendapatkan notifikasi apakah nada dering yang baru saja kamu buat akan dijadikan nada dering default atau tidak. Selesai. Mudah dan sederhana kan.

Itu dia panduan membuat nada dering mp3 sendiri menggunakan aplikasi MP3 Cutter and Ringtone Maker. Semoga bermanfaat.

Gravatar Image
Hey, I'm an Betta lovers. Tryin' to writing everyday, SEO lover, and Noob Blogger.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *