Driver Blogger Antara Pilihan dan Hobi

Driver Blogger, Antara Pilihan dan Hobi

Posted on

Exojol.com – Ketika dihadapkan kepada beragam pilihan, sebagian besar pasti akan memilih sesuatu yang bersifat tepat dan nyaman. Sama halnya pada perubahan era digital yang berkembang pesat saat ini.

Driver Blogger memberikan dua warna yang berbeda. Driver adalah seorang pengemudi. Sedangkan Blogger adalah seorang pemilik blog yang merawat blognya secara kosisten dengan mengisi konten-konten bermanfaat dengan harapan dapat dilakukan monetize pada suatu saat nanti. Itulah saya, dengan orientasi dari hobi, saya berharap ini menjadi sebuah peluang yang mungkin nantinya dapat menjadikan saya berada pada posisi yang tepat sesuai harapan.

Tapi untuk saat ini, profesi Driver dan Blogger menjadi dua hal yang mungkin bisa saja tenggelam. Mulai tersisih oleh perkembangan tren di era 4.0 bersama para pesaing-pesaing konten lainnya yang disajikan dengan cara yang jauh berbeda.

Apakah profesi driver tak lagi menjanjikan?

Sebelum kamu salah persepsi, maksud dari kata driver pada tulisan saya kali ini adalah Driver (online). Lebih tepatnya ojek online. Ya, karena itulah sebenarnya profesi saya saat ini. Berprofesi sebagai full time Ojek Online, menggantungkan rejeki dari setiap orderan yang tersedia dan masuk ke aplikasi driver saya. Beragam layanan yang bisa saya ambil, sesuai ketersediaan atau order yang masuk. Mulai dari penumpang, barang, makanan, hingga belanja. Semuanya, tergantung kepada ketersediaan order serta sistim pembagian order dari aplikasi yang saya gunakan.

Apakah driver online sudah tidak menjanjikan lagi? Biarkan waktu yang menjawab. Karena bagi saya, sangat ngeri rasanya untuk memberikan jawaban dari pertanyaan tersebut yang sebenarnya selalu ada di benak saya. Yang pasti, selama permintaan masih ada, driver online masih memiliki peluang untuk mendapatkan rejeki. Kalaupun trennya nanti berubah, saya percaya pada aplikator akan mengembangkannya sesuai dengan permintaan pasar. Tapi, tak lagi cocok dengan kata ‘Driver’. Karena driver lebih cocok dikatakan ketika membawa penumpang, bukan membawa barang, ataupun makanan.

Dari hal tersebut, sebenarnya driver sekaligus kurir. Driver penumpang, dan kurir barang dan makanan. Dari sini kita bisa melihat semakin kesini tren akan terus berubah. Entah apa nantinya. Yang jelas, saya sangat menikmati dunia lapangan. Selain akan bertemu banyak orang, saya bisa menambah wawasan, pengetahuan, serta relasi (baik itu dengan sesama driver, dengan penumpang, atau pemilik merchant yang saya kunjungi) yang mungkin suatu saat akan bermanfaat untuk diri saya sendiri.

Masa kejayaan driver online sudah tak lagi seperti dulu. Tetapi buang jauh-jauh pemikiran tersebut, karena sebenarnya masa kejayaan kamu untuk bertemu dan mengenal banyak orang akan selalu ada, sekalipun berprofesi sebagai driver.

Kemudian, bagaimana dengan Blogger? Apakah masih memiliki masa optimis?

Dalam kondisi ekonomi yang pas-pasan, saya sisihkan sedikit uang yang saya miliki untuk memutuskan membuat blog ini. Isinya mungkin tidak terlalu penting, tapi bagi saya adalah apa yang bisa saya sampaikan disini bisa bermanfaat untuk orang lain. Mereka datang, mereka baca, dan menemukan inti jawaban dari pertanyaan yang sedang di cari.

Menulis, posting, menulis, posting, membuat konten yang saya rasa relevan disini memberikan kenikmatan tersendiri. Padahal faktanya, blogger mungkin sudah agak tertinggal oleh tren saat ini. Banyak teman-teman saya yang justru memberikan saran, “Kenapa lu nggak belajar jadi Youtuber?!”. Nah, sebuah pilihan yang memojokkan saya antara pilihan dan hobi. Sama seperti profesi saya sebagai Driver. Saya nyaman. Begitupun ngeblog atau Blogger, saya pun nyaman.

Tapi, tidak tertutup kemungkinan saya nantinya akan melanjutkan belajar tentang dunia video editing, biar bisa punya channel Youtube seperti yang disarankan oleh teman-teman saya. Yang jelas, walaupun tren sudah perlahan berubah, “I don’t care about video. I’m blogger..”. Biarlah waktu yang menuntun saya, satu demi satu, langkah demi langkah, bisa saling berbagi informasi dalam bentuk tulisan dengan segmentasi yang berbeda.

Jika kamu nyasar kesini dan kebetulan membaca tulisan ini, pilihan dan hobi tanpa disadari akan menciptakan intuisi tersendiri. Saya yakin, kamu pasti memiliki pilihan yang harus dilakukan. Terutama bila kamu satu profesi dengan saya. Semoga sedikit gambaran dari tulisan saya ini bisa memberikan sedikit inspirasi untuk kamu dalam mengambil langkah ke depannya.

Semangat para #PejuangKeluarga

Gravatar Image
Hey, I'm writing everyday, SEO lover, and Noob Blogger.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *