Berikut Plus Minus Spesialis Pemain GoRide

Hey Driver Gojek, Berikut Plus Minus Main GoRide

Posted on

Plus Minus fokus di layanan Goride menurut saya terbilang cukup riskan. Karena, beragam hal atau kemungkinan terburuk bisa saja terjadi. Paham kan, bahwa setiap orang memiliki karakter yang berbeda-beda.

GoRide yang menjadi salah satu layanan andalan dari Gojek, memberikan kontribusi pendapatan cukup besar, dan juga yang menjadi kisah awal mulanya Gojek menjadi sangat di kenal seperti saat ini. Sedikit gambaran tersebut bisa di ambil kesimpulan, bahwa layanan GoRide (penumpang) adalah layanan yang memiliki pengguna paling banyak bila dibandingkan dengan layanan lainnya yang dimiliki oleh Gojek.

Well, kalau ngomongin GoRide, bagi kamu yang spesialis pemain GoRide pasti sudah paham. Sekedar sedikit berbagi pengalaman, ada beberapa kekurangan dan kelebihan, atau plus minus saat kamu fokus sebagai driver yang sebagian besarnya adalah orderan membawa penumpang alias GoRide.

Apa saja plus minus jadi spesialis GoRide? Simak beberapa poin berikut,

Kelebihan Main GoRide :

1. Tidak mudah jenuh

Pemain GoRide akan merasakan hal yang jauh berbeda dengan ketika membawa order GoFood, GoSend, GoMart, ataupun GoShop. Dengan membawa penumpang, secara tidak langsung kamu akan merasa tidak mudah jenuh.

Hal tersebut karena kamu harus tetap fokus saat berkendara, untuk bisa memastikan bahwa kamu dapat mengantarkan penumpang dengan selamat sampai tujuan. Selain itu, sedikit perbincangan saat di perjalanan terkadang bisa menjadi satu hal yang bisa membuatmu tidak jenuh.

2. Mendapatkan hal baru

Rambut sama hitam, tetapi pemikiran belum tentu sama. Perjumpaan dengan customer meskipun hanya sesaat bisa menjadi sedikit bukti bahwa dengan bertemu dan berbicara dengan orang lain bisa membuatmu mendapatkan hal baru.

Ya, kamu akan merasakan hal ini ketika kamu mendapatkan penumpang yang asik, enak, ataupun nyambung ketika ngobrol saat perjalanan.

Mungkin itu sifatnya wawasan, pengetahuan, pengalaman, hingga hal-hal yang tidak terduga lainnya.

3. Tahu jalan-jalan tikus

Jadi kang ojek harus tahu jalan, tapi bukan berarti seorang tukang ojek serba tahu jalan. Oleh karena itu, biasanya ketika kamu tidak tahu pasti jalanan di suatu tempat, biasanya penumpang kamu akan mengarahkan ke satu jalan yang lebih simple dan cepat. Yaitu jalan tikus.

Ya, terus terang saya jadi sedikit tahu jalan-jalan tikus di daerah yang pernah saya singgahi. Dan pastinya, itu akan menjadi manfaat buat saya ketika harus menuju ke tempat tersebut dengan cepat tanpa terjebak macet.

4. Peluang dapat uang tip lebih besar

Uang ekstra, tambahan, lebihan, atau lebih di kenal dengan uang tip pasti menjadi sebuah harapan bagi driver ojol. Nggak munafik, saya selalu mencoba memberikan pelayanan terbaik, dengan harapan agar bisa mendapatkan sedikit uang lebih dari penumpang.

Bukannya bersifat terlalu berharap lho yaa. Tapi bagi saya pribadi, saya beranggapan bahwa setiap penumpang yang saya bawa memiliki pola pikir yang berbeda-beda. Mungkin maksud mereka sedekah, mungkin maksud mereka kasih sedikit bonus, atau mungkin maksud mereka memang karena mereka terkesan dengan attitude kita saat melayani mereka. So, wajar bila kita menghargai mereka dengan cara menerima uang tip tersebut kan 😀

Benar atau bener bang?!? 

Kekurangan main GoRide :

1. Harus ekstra cepat

Berbeda dengan kamu yang spesialis GoFood, bisa sedikit agak santai tanpa harus segera bergegas ke lokasi penjemputan saat dapat order. Pemain GoRide harus ekstra cepat, langsung gas ke lokasi penjemputan untuk menjemput penumpang.

Apalagi, saat pagi hari. Karena biasanya kamu akan menjadi pahlawan yang bisa menyelamatkan mereka agar tidak terlambat. “Pak, cepat ya..”, “Pak, tolong segera yaa..”, “Pak, saya buru2..”, dan masih banyak lagi chat customer yang harus memaksa kamu ekstra cepat.

2. Dapat penumpang nggak ada akhlak

Seperti yang saya tulis di awal-awal tadi, bahwa kamu akan menemukan beragam karakter, sampai harus menemukan beragam perilaku nggak ada akhlak yang kamu dapatkan akibat ulah si customer.

Seperti lama menunggu saat penjemputan, di suruh mampir ke Alfamart / Indomart, bawa anak 3 trus badannya gede-gede, bayar cash trus baru sadar pas di warung ternyata itu adalah uang sobek, dan maaasssih banyak lagi.

So, itu bisa menjadi alasan kenapa rating customer yang tertera di aplikasi GoPartner saat dapat order menjadi tolak ukur saya untuk bersikap seperti apa sama customer saya saat melakukan pengantaran.

3. Motor cepat jebol

Motor adalah salah satu perlengkapan yang wajib dimiliki oleh ojol. Tapi, kamu akan bisa merasakan sendiri seperti apa kondisi motor kamu saat fokus main GoRide.

Berbagai macam penumpang, dengan bobot yang berbeda-beda, dengan akses jalan yang tidak selalu mulus.

Melakukan perjalanan ke segala penjuru untuk mengantarkan penumpang, ban dan shockbreaker adalah part yang paling cepat rusak. Bahkan, tidak tertutup kemungkinan mesin motormu juga cepat jebol kalau tidak melakukan perawatan secara ekstra.

4. Tiba-tiba di cancel

Ketika sudah bergegas untuk menuju lokasi tujuan, ternyata tiba-tiba orderanmu di cancel. Sakit tapi nggak berdarah…!

Itu adalah hal wajar untuk pemain GoRide. Karena mungkin banyak faktor yang menjadi alasan kenapa orderannya di cancel. Mungkin si customer salah tujuan, mungkin salah lokasi penjemputan, atau mungkin bisa jadi kamu lagi apes kena order fiktif.

5. Harus selalu sedia uang receh

Sedia uang receh untuk kembalian sebenarnya bukan hanya untuk driver pemain GoRide. Tetapi sebagai ojol sudah semestinya minimal sediakan sedikit uang receh untuk jaga-jaga kalau customer bayar dengan uang besar.

Sebaiknya saran saya, pastikan untuk mengembalikan hak mereka sesuai dengan yang harus diterima. Karena, ketika customer membayar saat sampai di tujuan, ternyata tidak sedikit juga customer yang tetap berdiri di hadapanmu sambil menunggu kamu memberikan uang kembaliannya 😀

Ingat bang, sebaiknya, sediakan uang receh. Setidaknya untuk sedikit meminimalkan agar kamu tidak mendapatkan rating buruk dari customer hanya karena tidak memberikan uang kembali 500, 1000, atau 2000 perak!

Itu dia beberapa hal mengenai plus minus pemain GoRide yang saya ketahui. Kalau kamu punya pengalaman lain, silahkan tambahkan di kolom komentar.

Gravatar Image
Hey, I'm just online driver. Love & trying to writing everyday, SEO lovers, and Noob Blogger.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *