Ini 4 Cara Menyiasati Pola Ngebid di Musim Penghujan

Posted on

Musim penghujan menjadi sebuah hambatan tersendiri bagi driver ojek online. Demi memenuhi kebutuhan ekonomi, seharusnya tantangan cuaca panas maupun hujan seakan menjadi sebuah pertemanan yang tidak bisa dipisahkan.

Cuaca ekstrem yang kerap terjadi di berbagai kota di Indonesia, rasanya seperti menjadi sebuah Pekerjaan Rumah yang harus diselesaikan. Cuaca yang tidak menentu, intensitas hujan yang tinggi, sampai kondisi angin kencang yang sebenarnya cukup berbahaya bagi kita yang mencari nafkah di jalan.

Maka dari itu, mungkin kamu pernah terfikirkan bagaimana cara menyiasati kondisi cuaca yang tidak menentu? Meskipun cuaca merupakan salah satu faktor yang berada di luar kendali kita sebagai manusia, menurut saya ada beberapa hal yang bisa kamu terapkan untuk menghadapi kondisi cuaca ekstrem seperti saat ini. Sederhananya, kamu bisa tetap mencari rejeki meskipun berada di tengah musim penghujan.

Berikut 4 Cara Menyiasati Pola Ngebid di Musim Penghujan :

1. Jaga kesehatan

Simple memang! Dan saya yakin siapapun itu pasti akan mengatakan bahwa kesehatan itu sangat penting. Tapi ironisnya, saya percaya bahwa banyak sekali diantara teman-teman kita seperjuangan yang mengabaikan hal ini. Pada poin pertama ini sama seperti yang pernah saya bahas pada postingan lalu mengenai tips ngebid aman saat musim hujan, tapi kali ini lebih spesifik lagi.

Contoh kecilnya mungkin lupa mengisi perut atau sarapan sebelum onbid, memaksakan diri untuk narik tapi sementara kondisi badan sedang kurang fit, dan masih banyak contoh kecil lainnya yang sepele tapi sebenarnya itu adalah termasuk dari hal-hal yang mengabaikan kesehatan.

Jadi, ingatlah kawan.. Perekonomian kita memang berdasarkan pendapatan harian. Yang artinya dimana kita harus mencari nafkah di jalan setiap harinya agar bisa mendapatkan uang untuk keluarga di rumah. Tapi, bagaimana kamu bisa melakukan itu kalau kondisi badan tidak sehat? Atau, bagaimana badan kamu nggak tepar sementara kamu telah mengabaikan hak-nya?!?

2. Pastikan kesiapan peralatan tempur

Ibarat pergi ke medan laga, peralatan tempur menjadi satu hal yang harus dipersiapkan. Setiap profesi memiliki peralatan tempur yang berbeda-beda, sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Sebagai driver ojol, selain kondisi motor yang fit, menyiapkan jas hujan, pelindung HP anti air, kantong plastik, dan lainnya, jadi peralatan yang harus siap sedia.

3. Start ngebid lebih awal

Pagi adalah permulaan yang sangat baik dalam mencari nafkah. Kondisi tubuh saat pagi hari akan lebih fresh, lebih semangat, mood juga lebih siap dalam menerobos jalanan saat menerima orderan meskipun harus melewati kemacetan.

Perhatikan waktu-waktu yang biasanya terjadi hujan di daerahmu. Dengan begitu, dengan start lebih awal diharapkan kamu memiliki pendapatan dari orderan yang telah kamu selesaikan.

Bagi pemain GoRide, pagi menjadi jam ramai orang pergi sekolah / bekerja, siang menjadi jamnya anak-anak pulang sekolah, sore hingga malam menjadi jamnya orang-orang pulang kerja. Silahkan atur waktu yang tepat menurutmu sendiri ketika hujan datang mengguyur daerahmu. Sedangkan bagi kamu pemain GoSend atau GoFood, pahami jam-jam yang menurut kamu ramai agar bisa mengkondisikannya.

4. Sesuaikan target pendapatan

Orientasi terhadap pendapatan yang besar menurut saya sah-sah saja selama itu sifatnya tidak memaksakan diri. Saya paham bahwa faktor kebutuhan diantara kita pastinya berbeda-beda. Maksud saya kali ini bukanlah disitu permasalahannya…

Tapi, kondisi cuaca di musim penghujan dengan intensitas yang kadang lumayan ekstrem, ini menjadi sebuah pandangan tersendiri bagaimana untuk bisa memahami keadaan serta lebih banyak bersyukur.

Bayangkan, kamu terus memaksakan diri untuk menyelesaikan orderan dengan kondisi hujan lebat dan berharap akan mendapatkan order selanjutnya demi mendapatkan pendapatan yang besar, tapi ujung-ujungnya badan jadi drop saat pulangnya nanti. Dan akhirnya besoknya harus berobat & nggak bisa narik. Miris kan?! Kalaupun rasanya itu harus, alangkah lebih baik kamu berteduh saat di jalan tiba-tiba hujan deras, apalagi ditambah dengan angin kencang. Berhenti sejenak untuk menunggu reda, hitung-hitung istirahat sejenak.

Sadarkah kamu?? Toh saat ini lonjakan harga tidak semanis kemarin ketika perusahaan masih bakar-bakar uang. Trus bonus juga sudah lenyap sejak perusahaan memegang prinsip ‘Profit Oriented’ yang selalu dipertanyakan dan bisa segera diberikan oleh para pemegang saham. Kemudian sadarkah kamu bahwa perusahaan menurut kita sangat wajar bila merasa ‘besar kepala’ saat ini. Lu keluar banyak kok yang mau masuk, istilahnya begitu. Intinya selain itu, perusahaan harus memperbaiki segala kesalahan / kekurangannya untuk bisa mandiri, baik itu secara sistim maupun finansial.

So, think be wise.. Mengukur suatu target akan terasa lebih bijaksana bila menyadari bahwa sesungguhnya keberadaan kita bukanlah di tempat yang tepat. Sesuaikan target pendapatan dengan bijak dan penuh logika, istirahatlah agar esok bisa tetap sehat dan ngebid lagi.

Itu dia beberapa hal yang mungkin bisa menjadi masukan bagi kamu, mengenai bagaimana cara menyiasati ngebid dengan kondisi sekarang ini.

Salam1hijau..

Gravatar Image
Hey, I'm just online driver. Love & trying to writing everyday, SEO lovers, and Noob Blogger.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *