Dana operasional ojol

Jangan Anggap Sedikit! Ini Modal yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Ojek Online

Posted on

Beberapa tahun lalu, pada saat Ojek Online menjadi booming di beberapa Kota besar, pekerjaan menjadi driver ojek online seperti menjadi sebuah primadona. Yang awalnya bermula hanya sebagai sebuah pekerjaan sampingan, hingga akhirnya perlahan dijadikan sebuah profesi yang utama. Nama ojek online seakan menjadi sebuah hal yang sangat menjanjikan.

Kalau kita tarik waktu ke beberapa tahun lalu, fakta memang membuktikan tidak sedikit ternyata yang ingin berprofesi menjadi ojek online. perlahan, seiring berjalannya waktu tidak sedikit yang rela berjuang untuk daftar menjadi ojek online, bahkan rela meninggalkan pekerjaan yang saat itu sedang dijalaninya. Hal ini terjadi karena telah menjadi sebuah rahasia umum bahwa ternyata pendapatan sebagai driver ojek online sangat menggiurkan. Apalagi, bagi mereka yang menjalaninya secara full time, meskipun saat itu sebenarnya terdapat oknum tertentu yang tidak senang dengan adanya jasa transportasi online.

Modal yang dibutuhkan untuk menjadi driver ojek online

Sebelumnya, maksud dari kata modal disini adalah secara materi maupun mental. Namun agar lebih terlihat sederhana, lebih tepat jika di sebut dengan modal. Karena sejak pertama kali kehadiran transportasi online, khususnya ojek online, banyak sekali yang memiliki sebuah pandangan bahwa berprofesi sebagai driver ojol itu modalnya sangat kecil. Kalau kamu memiliki pikiran tersebut, sebaiknya buang jauh-jauh. Karena sebenarnya tidak sedikit yang dibutuhkan untuk bekerja sebagai driver ojol. Apa saja? Mari simak hal-hal berikut di bawah ini,

Syarat daftar menjadi driver Ojek Online :

1. Data Identitas diri

Mengenai Identitas Diri, sudah menjadi kewajiban jika kita ingin bekerja adalah satu hal yang mutlak. Untuk mendaftar sebagai driver ojek online pasti membutuhkan beberapa berkas yang berhubungan dengan identitas diri. Seperti Kartu Tanda Penduduk, Surat Izin Mengemudi, dan juga Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku. Tiga hal tersebut adalah dokumen wajib yang dibutuhkan sebagai syarat utama daftar ojek online.

2. Motor

Kendaraan bermotor juga menjadi syarat utama yang harus dipersiapkan sebelum memutuskan untuk daftar menjadi ojek online. Motor yang diizinkan untuk digunakan sebagai syarat daftar adalah tahun pembuatannya di atas tahun 2013. Mengenai minimal tahun pembuatan motor ini menjadi sebuah acuan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan bagi driver serta customer saat sedang perjalanan. Dengan kondisi motor yang berusia lebih muda, diharapkan bisa menjadi standar bagi masing-masing perusahaan transportasi online untuk bisa meminimalkan hal-hal yang tidak diinginkan saat dalam perjalanan.

3. Handphone

Handphone menjadi salah satu syarat mutlak yang dibutuhkan sebagai modal utama. Bukan sekedar handphone, tetapi handphone yang menggunakan Sistim Operasi Android, dan disarankan minimal menggunakan RAM 2 GB. Semakin berkembangnya fitur-fitur yang telah di buat oleh setiap jasa transportasi daring secara tidak langsung akan menjadikan ukuran aplikasinya menjadi semakin besar. Karena itu, dengan perangkat yang cukup mumpuni saat ini adalah minimal perangkat Android dengan RAM 2 GB.

4. Koneksi Internet

Berkas Identitas Diri, motor, handphone Android, dan juga koneksi internet. Pada poin ini memang terkesan murah, karena terjangkaunya tarif internet saat ini memiliki beragam pilihan yang bisa kamu pilih sesuai kantong dan kebutuhan. Tapi, jangan pernah melupakan bahwa sebenarnya ini menurut saya adalah menjadi modal utama yang sesungguhnya. Handphone yang terhubung dengan koneksi internet menjadi sebuah korelasi yang tidak dapat dipisahkan. Karena setiap order yang masuk, serta pendapatan yang akan kita dapatkan akan di mediumisasi dengan koneksi internet dengan kecepatan yang mumpuni.

5. Pulsa

Saat pelanggan sulit dihubungi via fitur chat yang ada di aplikasi, telepon secara langsung menjadi sebuah solusi yang tepat untuk bisa berkomunikasi dengan customer. Oleh sebab itu, pulsa juga menjadi sebuah hal yang harus dimiliki oleh driver.

6. Dana Operasional

Poin terakhir ini menjadi sebuah poin yang seringkali terabaikan oleh teman-teman. Maksud dana operasional disini adalah dana yang dibutuhkan oleh seorang driver saat bekerja sepanjang hari. Mulai dari bahan bakar, makan, minum, atau membeli apapun saat beristirahat dan menunggu order masuk. Dana operasional harian terkadang dilupakan tanpa mengingat berapa sesungguhnya telah kita keluarkan pada hari itu. Untuk nominalnya berapa, silahkan kamu sesuaikan sendiri dengan kebutuhan kamu. Entah itu 30rb, 40rb, atau 50rb. Cuma kamu sendiri yang tahu berapa dana operasional harian yang dirasa tepat.

7. Mental Baja

Berprofesi driver ojol modalnya kecil. Kalau kamu memiliki pikiran itu, buang jauh-jauh. Karena tidak sedikit yang dibutuhkan untuk bekerja sebagai driver ojol.

Pada poin ini sebenarnya bersifat tidak terlihat. Tapi perlu kamu ketahui, walaupun setiap perusahaan transportasi online selalu mengembangkan setiap layanannya, tetap tidak dapat dipungkiri bahwa mental baja menjadi satu hal yang harus dimiliki jika kamu memutuskan untuk berprofesi sebagai full time ojol. Perubahan serta pergeseran yang terjadi dari tahun ke tahun sampai saat ini, ketersediaan order sangat dirasakan jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Semakin banyaknya driver yang ada di lapangan dengan jumlah order terkadang mengalami ketimpangan yang membuat kamu harus lebih sabar dan berusaha keras untuk mendapatkan order demi order.

Selain itu, belum lagi ketika kamu mendapatkan cibiran atau ceramah dari customer. Bagi seorang full time ojol adalah hal yang harus siap diterima. Tanpa bersifat merendahkan diri, namun dengan mental baja kamu akan melewati setiap kejadian yang kurang mengenakkan dengan lebih enjoy.

Itu dia 7 hal yang dibutuhkan untuk menjadi driver ojek online baik bersifat materi dan yang tidak terlihat. Bagaimana? Kalau mungkin kamu saat ini masih beranggapan bahwa berprofesi sebagai ojek online itu modalnya sangat minim, sebaiknya silahkan kalkulasikan sendiri. Berapa pendapatan harian, kemudian silahkan dikurangi dengan jumlah yang harus dikeluarkan untuk hal di atas secara keseluruhan. Bayangannya adalah maka itulah pendapatan bersih kamu hari ini.

Baca juga : Suka duka menjadi ojek online

Gravatar Image
Hey, I'm writing everyday, SEO lover, and Noob Blogger.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *