Kelebihan dan kekurangan main di layanan GoFood

Kelebihan dan Kekurangan Main di Layanan GoFood

Posted on

GoFood adalah salah satu layanan pesan antar makanan atau minuman menjadi salah satu pendongkrak pendapatan bagi Gojek sendiri maupun Usaha Mikro Kelas Menengah (UMKM).

Bicara mengenai kelebihan dan kekurangan bermain di layanan GoFood sangatlah unik. Dengan masing-masing kekurangan serta kelebihannya, setiap driver Gojek pastinya sudah bisa memberikan penilaian tersendiri apa dan bagaimana yang harus dilakukan ketika menjalani order GoFood.

Sebelum kamu memutuskan untuk fokus main di layanan GoFood, ada beberapa fakta driver spesialis GoFood yang pernah saya tulis kemarin disini. Oleh karena itu, untuk sekedar berbagi pengalaman, mungkin hal berikut di bawah ini bisa sedikit menambah informasi bagi kamu yang ingin fokus di layanan GoFood. Berikut kelebihan dan kekurangan bagi driver yang hanya fokus bermain di layanan GoFood.

Kelebihan bermain layanan GoFood bagi driver Gojek :

1. Jarak pengantaran dekat

Jarak pengantaran menjadi satu hal yang menurut saya sangat menjadi pertimbangan besar bagi driver sebelum menerima order yang masuk. Jujur, dalam situasi tertentu, bagi saya (mungkin juga kamu) jarak pengantaran menjadi alasan tersendiri untuk ambil orderan. Ketika jaraknya dekat ambil, ketika jaraknya jauh lepas.

Kalau kamu suka dengan pengantaran yang jaraknya dekat-dekat, layanan GoFood menjadi satu pilihan yang tepat untuk kamu pilih.

2. Tenaga badan & motor tidak terlalu terkuras

Pengantarannya yang sebagian besar relatif dekat, secara tidak langsung akan membuat badan dan motor kamu nggak cepat capek dan rusak. Menunggu order, ambil order di resto sambil nunggu pesanan ready, dan mengantarkannya ke customer. Intinya, cukup santai karena tugas kamu hanya menunggu pesanan ready dan mengantarkannya kepada customer. Cukup santai kan?!

3. Orderannya melimpah

Sejak pertama kali berdiri hingga saat ini, Gojek telah memiliki merchant GoFood yang cukup banyak dan merata di setiap daerah. Mulai dari resto rumahan, resto kelas menengah, hingga resto-resto besar yang sudah memiliki brand kuat di benak customer. Melimpahnya orderan GoFood menjadi daya tarik tersendiri bagi driver yang memutuskan untuk fokus di satu layanan saja, khususnya GoFood.

Apalagi kalau akun kamu sudah berada di level akun sakti. Ketika itu kamu nggak akan kesulitan untuk mencari order, tetapi sebaliknya, justru orderan yang akan mencari kamu.

4. Peluang mendapatkan uang tip

Tip dari customer gojek

Bukannya munafik, menurut saya uang tip menjadi penyemangat serta harapan tersendiri bagi driver. Apalagi argo jarak pendek GoFood yang rasanya miris banget sekarang ini, pastinya tip menjadi uang tambahan yang cukup berharga bagi driver untuk nambah-nambah beli bensin, ngopi, atau untuk makan.

Main di layanan GoFood, peluang mendapatkan uang tip menurut saya cukup besar. Walaupun tidak selalu memberikan tip dari setiap order yang kita selesaikan, tapi setidaknya berdasarkan pengalaman saya total uang tip setiap hari yang didapatkan dari orderan GoFood cukup untuk nambah-nambah beli bensin ataupun jajan di warung kopi.

5. Nggak perlu takut sama order fiktif

Sudah berbeda jauh kondisinya bila dibandingkan dengan beberapa tahun lalu. Layanan GoFood saat ini sudah cukup mudah, simple, dan canggih. Sistim akan otomatis cancel orderan yang kamu dapatkan ketika kamu mendapatkan orderan yang terindikasi fiktif. Yahh, walaupun tidak selalu tepat, namanya juga sistim, pastinya tidak ada yang sempurna.

Tapi yang jelas, untuk proses reimbursement ketika kamu mendapatkan order fiktif tidaklah sesulit yang dibayangkan. Asalkan jangan kamu selesaikan orderannya, cukup laporan via halaman bantuan / telfon customer service dengan melampirkan bukti nota pembayaran, kronologis, dan berikan ke panti asuhan, nggak pakai lama saldo Gopay Driver kamu akan dikembalikan.

6. Dapat traktiran dari customer

Pesanannya buat bapak aja

Banyak sekali orang baik di dunia ini, termasuk juga para customer Gojek. Beragam cara mereka lakukan untuk bermaksud sedekah. Salah satunya adalah dengan memberikan driver makanan / minuman.

Walaupun tidak sering, tapi ini jadi obat penyemangat tersendiri. Saat anterin orderan tiba-tiba customer bilang, “Pak, ini buat Bapak yaa…”. Atau ketika kamu lagi nunggu di resto tiba-tiba customernya ngechat, “Pak, makanannya nggak usah di antar. Buat bapak aja yaa…”.

Well, this is Indonesia. Banyak banget orang baik yang bersikap kaya gitu. Tergantung amal perbuatan kali ya ngab…

7. Dapat pinjaman tanpa bunga

Hutangan order GoFood

Beda dengan pinjaman online, dimana kita pinjam sejumlah uang dan harus mengembalikannya dengan nominal yang lebih besar. Bermain layanan GoFood, jangan kaget kalau dompetmu justru sering di bikin mines. Asalkan ada saldo aja sedikit di dompet, tidak tertutup kemungkinan kamu mendapatkan utangan dari orderan yang masuk karena customer membayarnya dengan uang tunai.

Udah top up mines lagi, top up lagi mines lagi, begitu seterusnya. Karena itu, ketersediaan saldo Gopay driver adalah syarat mutlak bagi kamu yang mau jadi spesialis GoFood.

Kekurangan orderan GoFood bagi driver Gojek :

1. Argo kecil

Turunnya minimal argo terendah yang terjadi sejak beberapa bulan lalu dari 9600 menjadi 8000 Rupiah (untuk wilayah Jabodetabek) sangatlah miris. Kamu bisa bayangkan sendiri, kalau kamu punya history akun jarak pendek, silahkan kalikan sendiri berapa nominal yang akan kamu dapatkan.

Karena itu, solusinya jika kamu adalah seorang full time driver ojol dan kamu akan memilih fokus bermain di orderan GoFood, kamu harus bisa upgrade akunmu ke level Platinum. Dengan beberapa benefit yang diberikan pada kasta tertinggi tersebut, kamu setidaknya bisa memiliki minimal pendapatan yang bisa menutupi kebutuhan harian dan menabung.

2. Menunggu lama di resto

Tidak semua resto akan memiliki layanan secepat kilat. Dan, tidak semua resto tiba-tiba sudah meletakkan pesanan yang sudah ready di meja kasirnya ketika kamu sampai. Kamu bisa mendapatkan gambaran tersendiri berdasarkan setiap resto yang kamu jalani bagaimana faktanya. Entah itu resto rumahan, resto menengah, ataupun resto besar.

Menunggu lama di resto sampai pesanan ready adalah hal terburuk yang harus kamu hadapi. Jadi, sabar adalah kuncinya.

3. Kemasan dari resto buruk

Order customer berantakan tumpah

Bungkus atau kemasan makanan dan minuman jangan pernah diabaikan. Kamu harus bisa lebih hati-hati dengan kemasan makanan atau minuman yang telah resto berikan ke kamu untuk segera di antar kepada customer. Kalau sempat tidak hati-hati, bisa rusak, atau tumpah.

Seperti contohnya saya punya pengalaman bawa minuman ternyata tumpah. Padahal saya bawa motornya udah pelan2 banget, tapi karena minumannya pakai gelas plastik & tidak pakai plastik sealer, otomatis tumpah. Malang nasib saya waktu itu, akhirnya saya memutuskan untuk memutuskan & mengganti dengan yang baru. Intinya, jangan lupa hati2 ya ngab…

4. Dapet customer newbie & bawel

chat customer gofood

Newbie, noob, alias pengguna baru seringkali bikin jengkel. Permintaan makanan yang sebenarnya bisa di tuliskan pada halaman deskripsi menu justru sering bikin driver kesal. Alih-alih mau nunggu berangkat ke resto agak santai malah harus cepat-cepat ke resto karena harus kasih tau ternyata pesanan customer catatannya justru lewat fitur chat. Capek kan…

5. Jadi kambing hitam customer

Susah menjadi hal yang wajar bagi pemain GoFood kalau mendapatkan rating buruk dari customer hanya karena makanan / minumannya yang kurang atau nggak sesuai harapan mereka. Resto yang salah, kita yang kena komentar buruk. Itulah nasib jongos..

Itu dia kekurangan dan kelebihan main GoFood bagi driver Gojek. Semoga bermanfaat, kalau ada yang mau menambahkan silahkan komentar di bawah.

Gravatar Image
Hey, I'm just online driver. Love & trying to writing everyday, SEO lovers, and Noob Blogger.

Leave a Reply

Your email address will not be published.