Mengenal Macam Notifikasi Pesan di Gojek

Mengenal Macam-macam Notifikasi Pesan di Gojek

Posted on

Exojol.com – Menjadi driver ojek online bukan sebuah perkara mudah, apalagi kamu memang berprofesi sebagai seorang full time ojol. Ketika pertama kali bergabung dan berstatus aktif, sudah jelas bahwa kamu harus mengikuti segala macam ketentuan yang telah ada. Mulai dari jenis layanan penumpang, pemesanan makanan, hingga layanan pengantaran barang.

Dalam hal ini, saya akan fokus mengenai sebagai mitra atau driver Gojek. Dari awal berdiri hingga detik ini, Gojek selalu memperbaharui kebijakan serta sistim yang berlaku. Setiap sistim baru yang diterapkan, selalu saja ada pro dan kontra. Memang begitu adanya, karena ketika sistim telah berubah maka driver akan dituntut untuk kembali beradaptasi dengan sistim yang baru. Termasuk dalam hal peraturan, insentif, logika pembagian sistim order, serta termasuk disini adalah pesan atau notifikasi yang ada.

Kalau kemarin saya posting tentang tips dapat bintang 5 dari cs, sekarang saya akan kasih info untuk mengenal bermacam-macam jenis notifikasi yang ada di Gojek, saya telah mengumpulkan beberapa macam jenis pesan masuk atau notifikasi yang ada di Gojek khusus untuk mitranya. Sudah pasti, bagi kamu yang mendapatkan salah satu dari notifikasi di bawah ini adalah karena telah melanggar peraturan yang berlaku.

Notifikasi yang saya infokan terdiri dari Peringatan, Suspend dan Putus Mitra. Notifikasi Peringatan hanya bersifat untuk mengingatkan, Suspend bersifat hukuman yang menyebabkan driver tidak dapat aktif dan menerima order sesuai dengan waktu yang ditentukan, sedangkan Putus Mitra atau di kalangan driver ojol sering di sebut dengan istilah PM adalah putusnya hubungan driver sebagai mitra di Gojek.

Penasaran apa saja dan arti notifikasi Gojek driver yang ada? Saya akan informasikan dengan gambarnya dari berbagai sumber serta berdasarkan urutan di atas ya. Yuk, lanjut ke bawah,

Jenis Peringatan / Notifikasi Gojek

#1 Akun Anda Baik-baik Saja!

Akun merasa bapuk, gagu, budeg, alias susah mendapatkan order?! Saya yakin kamu sudah paham akan hal ini. Pesan tersebut adalah pesan yang di jawab secara otomatis untuk memberikan informasi oleh sistim bahwa akun kamu memang benar-benar berstatus aktif dan baik-baik saja.

#2 Anda sudah berulang kali mengabaikan order nih…

Kebalikan dari pesan di atas. Pesan ini adalah pesan otomatis dari sistim yang memberikan peringatan bahwa kamu telah berulang kali mengabaikan order yang masuk. Biasanya, setelah 4-5 kali mengabaikan order yang masuk kamu akan mendapatkan pesan tersebut secara otomatis.

#3 Bersikap / Berbicara Tidak dengan Sopan kepada Pelanggan

Peringatan Bersikap / Berbicara Tidak dengan Sopan kepada Pelanggan menjadi sebuah hal yang cukup mengesalkan. Karena saya yakin disini bukan bermaksud sengaja, tetapi biasanya ada saja ulah customer yang bikin jengkel dan berujung membuat kita emosi dan berkata kurang baik.

#4 Peringatan membatalkan order dengan alasan Uang Belanja Tidak Cukup

Buat kamu yang suka mengetes akun, atau ngebid dengan sistim autobid, peringatan ini terjadi karena adanya beberapa kali pembatalan pada orderan dengan jenis layanan GoFood. Membatalkan order dengan alasan ‘Uang Belanja Tidak Cukup’ menjadi sebuah catatan buruk bagi sistim. Untuk menghindari jenis notifikasi ini adalah dengan menurunkan budget modal dan matikan autobid. Dengan begitu kamu bisa mengambil orderan masuk yang dirasa tepat menurut kamu sendiri.

#5 Terdeteksi Memiliki Aplikasi Tuyul/Fake GPS yang Terpasang pada HP Anda

Hhmm.., bagi pengguna Fake GPS alias Tuyul pasti kamu sudah nggak heran dengan notifikasi ini. Kalo nakal jangan takut, kalo takut jangan nakal. Ini menjadi sebuah hal yang biasa menurut saya, karena dari pertama kali menjadi driver ojol, mau pakai tuyul atau polosan adalah hak masing-masing. Yang jelas, Gojek tidak memperbolehkan mitranya untuk menggunakan aplikasi Fake GPS. Intinya, pesan tersebut adalah sebuah notifikasi yang memberikan informasi bahwa sistim telah mendeteksi adanya aplikasi Fake GPS di hp kamu.

#6 Peringatan Menyebabkan Kerusakan pada Barang Pelanggan Saat Pengantaran

Notifikasi ini sepertinya lebih ditepatkan bagi kamu yang telah menjalani orderan dengan layanan pengiriman barang alias GoSend. Intinya, si pelanggan komplain karena barang yang telah di terima mengalami cacat atau kerusakan yang disebabkan oleh kamu sendiri.

#7 Membelikan Barang yang Tidak Sesuai dengan Pesanan Tanpa Konfirmasi ke Pelanggan

Peringatan ini menurut saya peringatan yang nggak jelas. Karena saya perhatikan cukup banyak yang mendapatkan peringatan ini. Betul terjadi atau memang diakibatkan karena adanya harga yang berbeda, tetapi intinya ketika kamu mendapatkan orderan GoFood, GoShop, atau GoMart, sebaiknya konfirmasi kembali setiap pesanan yang tersedia. Begitupun ketika pesanan tidak tersedia, lakukan konfirmasi kembali kepada customer untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti pesan di atas.

#8 Peringatan Mengantarkan Jumlah Pesanan yang Tidak Sesuai dengan Struk Belanja

Bagi kamu pemain GoFood, tidak perlu kaget. Tidak jauh berbeda dengan peringatan no #7 di atas. Peringatan ini adalah memberikan informasi bahwa harga yang kamu masukkan tidak sesuai dengan nominal yang telah dibayarkan oleh customer pada saat melakukan order. Padahal faktanya, seringkali ini terjadi karena kesalahan resto, entah kesalahan saat input harga atau harga yang belum update.

#9 Gunakan Halaman Bantuan Untuk Kendala Order

Susah mendapatkan order dan akhirnya kesal lalu menelfon Customer Service Gojek berulang kali justru menyebabkan kamu akan mendapatkan peringatan seperti ini. Intinya, jika kondisi ketersediaan order sedang normal, kamu nggak akan merasa susah untuk mendapatkan order. Kalaupun merasa sangat kesulitan untuk mendapatkan order dan kamu memang telah berusaha melakukan segala macam cara, sebaiknya kamu tidak perlu berulang kali menelfon Customer Service. Sebaiknya, datangi langsung pihak DSU terdekat dari tempat tinggal kamu.

#10 Banyak Laporan Kamu Sulit Dihubungi Pelanggan…

Sebaiknya pastikan kembali no hp kamu selalu aktif dan segera mengangkat telefon saat mendapatkan order dan pelanggan menelfon kamu. Peringatan ini akan kamu dapatkan ketika ada beberapa customer yang komplain dengan alasan karena kamu sulit dihubungi.

#11 Terlambat menjemput Pelanggan / Melakukan Pengantaran

Ketika kita sebagai driver harus menunggu pelanggan agak lama bukanlah sebuah masalah. Tapi ketika pelanggan merasa agak lama menunggu kita sebagai driver datang menjemput justru bisa dikomplain. Huh, nggak adil rasanya! Tapi itulah faktanya. Solusinya, pastikan ketika posisi onbid kamu telah siap dan sesegera mungkin untuk menjemput pelanggan saat mendapatkan order GoRide.

Jenis Notifikasi Suspend Gojek

#1 Rekan Driver, Anda belum bisa Online saat ini

Dalam masa Pandemi Global saat ini, seluruh aspek mengalami keterpurukan. Termasuk pada semua jenis layanan yang ada di Gojek. Sebagai bentuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi para customer dalam masa pandemi, setiap driver Gojek diwajibkan untuk melakukan disinfektanisasi serta pengecekan suhu tubuh setiap minggu. Bagi yang tidak melakukannya, maka kamu akan mengalami suspend dengan notifikasi ini.

#2 Akun Anda Sedang Kami Amankan

Ketika kamu mendapatkan notifikasi ini, maka akun kamu sedang di suspend. Tapi kamu tidak perlu khawatir. Silahkan datangi kantor DSU terdekat atau hubungi call center Gojek untuk menanyakan masalah tersebut. Biasanya, peringatan ini kamu dapatkan ketika ada seseorang yang ingin mencoba mengambil alih akun Gojek Driver kamu.

#3 Berkendara Tidak Sesuai Dengan Aturan yang Berlaku

Sebaiknya, jangan lupa untuk selalu hati-hati dan mematuhi segala peraturan lalu lintas yang berlaku. Tidak perlu grasak-grusuk, karena rejeki tidak akan lari. Kalau kamu tidak memperhatikan hal ini, jangan kaget ya kalau customer mengirimkan feedback dengan alasan ini dan menyebabkan kamu suspend. Keep safety riding saat bawa penumpang yang Babang…

#4 Kendaraan Anda Tidak Memenuhi Standar Keamanan & Kenyamanan

Berbeda dengan poin di atas, suspend dengan notifikasi ini adalah karena adanya keluhan dari customer yang merasa kurang nyaman, dan gak punya perasaan sama driver. Peringatan ini kamu dapatkan ketika ada customer yang komplain karena kendaraan yang kamu gunakan kurang layak alias di bawah standar tahun jenis kendaraan yang telah ditetapkan oleh Gojek.

#5 Menggunakan Aplikasi Fake GPS / Tuyul saat Menjalankan Order

Sudahlah, ngaku saja bang. Kalau memang nakal yang terima saja, nggak perlu menyesal dengan sikap diam seribu bahasa berasa dunia mau runtuh. Suspend dengan pesan karena menggunakan aplikasi Fake GPS karena sistim telah mendeteksi dan memastikan bahwa orderan yang kamu jalani benar-benar fix terindikasi menggunakan Fake GPS alias Tuyul. Bener apa bener babang..?

#6 Menggunakan Aplikasi Driver Gojek Tidak Resmi / Modifikasi

Salah satu Tartibjek yang harus dipatuhi selain dilarang menggunakan Fake GPS adalah, salah satunya menggunakan aplikasi driver Gojek yang tidak resmi alias mod. Kalau kamu mendapatkan notifikasi ini, artinya mod kamu kurang bagus karena terdeteksi oleh sistim, atau bisa jadi setingan hp kamu kurang maknyus. Intinya, kalau memang benar-benar pakai mod dan dapat notif ini ya terima aja hitung-hitung libur sejenak, atau di suruh istirahat di rumah.

#7 Pelanggaran karena penyelesaian order yang tidak wajar

Punya akun gagu paling nggak enak, begitupun punya akun yang super gacor juga nggak enak. Intinya, suspend yang kamu alami dengan notifikasi ini adalah karena adanya penyelesaian order yang tidak wajar. Entah itu terlalu cepat, atau dengan jeda waktu yang sangat dekat dari satu order ke order selanjutnya. Solusinya, kalau akun lagi gacor, cukup 4 order saja per jam ya babang.. Kalo di hajar terus takutnya kena suspend kaya begini.

#8 Pelanggaran karena terindikasi melakukan order fiktif

Suspend yang ini saya pribadi masih kurang paham bagaimana cara sistim membacanya. Entah memang benar kamu melakukan order fiktif, atau memang sebenarnya kamu tidak melakukan order fiktif tetapi akun customer kamu telah terdeteksi sebagai akun yang suka di pakai untuk dar der dor alias dipakai sebagai sniper. Intinya, kamu terindikasi melakukan order fiktif. Kalau kamu tidak merasa melakukannya, jangan takut untuk melakukan banding.

Jenis Notifikasi Putus Mitra / PM di Gojek

#1 Berkendara tidak sesuai dengan aturan yang berlaku

Bukan cuma sekedar mengalami suspend, tetapi berkendara dengan tidak mematuhi aturan yang berlaku juga bisa menyebabkan akun kamu di PM lhoo.

#2 Terdeteksi melakukan perubahan data secara ilegal pada akun Anda

Mencoba melakukan perubahan data pada akun juga bisa menyebabkan Putus Mitra. Entah itu melakukan rubbing, manipulasi data, atau informasi identitas yang tidak tepat.

#3 Meminta uang tambahan secara paksa

Kalau kamu memang full time sebagai driver ojol, sebaiknya jangan pernah meminta uang lebih kepada customer. Sepahit-pahitnya kejadian yang kamu alami ketika melakukan pengantaran, terima saja dengan ikhlas. Karena ketika kamu masuk ke dalam perangkap dan sedang apes, jangan kaget kalau kamu akhirnya justru mengalami Putus Mitra karena pelanggan kamu komplain dengan alasan di atas.

#4 Penyelesaian order yang tidak wajar

Melakukan order fiktif adalah hal yang paling di benci oleh pihak Gojek. Pesan penyelesaian order yang tidak wajar dan menyebabkan akun kamu menjadi Putus Mitra adalah sebuah tindakan tegas yang sangat disayangkan.

#5 Tidak pernah menjalankan order

Ketika kamu sudah mendapatkan pekerjaan tetap, atau sudah berbulan-bulan tidak pernah punya riwayat aktivitas menjalankan di Gojek, jangan kaget kalau akun kamu begini.

Itu dia macam-macam jenis notifikasi di Gojek dengan tingkat peringatan, suspend, hingga Putus Mitra yang saya ketahui. Kalau kamu merasa ada jenis pesan yang belum ada di atas silahkan tambahkan. Semoga bermanfaat.

Gravatar Image
Hey, I'm writing everyday, SEO lover, and Noob Blogger.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *