Peduli dan Lindungi diri dari Covid-19 dengan Aplikasi PeduliLindungi

Peduli dan Lindungi diri dari Covid-19 dengan Aplikasi PeduliLindungi

Posted on

Meskipun Pembatasan Sosial Berskala Besar sudah diterapkan di berbagai daerah, namun penyebaran Virus Corona masih terus bertumbuh. Jadi, solusi apa lagi yang harus dilakukan?

Untuk menekan penyebaran Virus Corona pemerintah telah melakukan berbagai cara. Mulai dari Social Distancing, Self Distancing, Gerakan WorkFromHome yang di kenal dengan jargon #DiRumahAja, hingga melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar. Langkah-langkah tersebut diharapkan dapat efektif untuk dapat menekan penyebaran virus, namun faktanya hingga saat ini anda bisa mengetahui bagaimana pesatnya pertumbuhan si musuh tak terlihat alias Virus Corona saat ini. Silahkan cek disini untuk mengetahui info terupdate dari mengenai Virus Corona.

Selain hal di atas, pemerintah juga mencoba mencari alternatif untuk mengurangi setiap orang agar tidak terpapar Corona. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan aplikasi PeduliLindungi yang bisa digunakan oleh pengguna smartphone Android atau Iphone.

Apa itu aplikasi PeduliLindungi?

Aplikasi PeduliLindungi adalah aplikasi yang dikembangkan dengan harapan dapat menekan penularan Virus Corona. Aplikasi yang dirancang oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika, Kementrian BUMN, dan Gugus Tugas sebagai salah satu cara untuk mengatasi pandemi Corona Virus di Indonesia.

Sistim PeduliLindungi bekerja melalui bluetooth untuk merekam informasi yang anda butuhkan. Informasi pertukaran data akan terjadi saat kamu dan gadget lain terhubung dalam radius bluetooth yang sama-sama terdaftar di PeduliLindungi. Saat kamu saling terkoneksi, maka secara otomatis PeduliLindungi akan mengidentifikasi orang-orang yang pernah melakukan kontak ataupun jarak dekat dengan orang yang dinyatakan positif Covid-19, Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dan juga Orang Dalam Pengawasan (ODP). Hal tersebut bertujuan untuk memberikan peringatan terhadap riwayat perjalanan dan dengan siapa saja dia melakukan kontak. Ketika kamu pernah berada dalam jarak tertentu dengan penderita yang postif Covid-19, Pasien Dalam Pengawasan, atau Orang Dalam Pengawasan, petugas kesehatan akan menghubungi kamu.

Bagaimana cara instal dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi?

Kamu tidak perlu merasa bingung, takut kehabisan kuota, atau takut berdampak battery smatphone kamu cepat habis. Karena, dengan memanfaatkan aplikasi PeduliLindungi ini, kamu telah membantu pemerintah dalam menekan penyebaran Virus Corona. Ingat, apa yang pemerintah lakukan tidak akan berarti apa-apa jika kita semua tidak ikut serta dalam menjalani dan memanfaatkan media yang telah disarankan oleh pemerintah. Jadi, tidak adalah salahnya kamu ikut berpartisipasi  dalam memanfaatkan aplikasi PeduliLindungi.

Sebelumnya, sistim pada aplikasi ini akan memberikan notifikasi untuk jaga jarak, menginformasikan zona di sekitar kamu, serta membantu pelacakan. Kemudian selain itu Aplikasi PeduliLindungi hanya membutuhkan akses penuh pada fitur bluetooth dan lokasi. Jadi cara menggunakannya, tinggal instal Aplikasi PeduliLindungi, isi nama dan no HP, kemudian lakukan verifikasi melalui kode OTP yang telah di kirim sesuai dengan no hp yang telah kamu daftarkan, selesai.

Setelah kamu selesai mendaftar atau menjadi partisipan pada aplikasi PeduliLindungi, kamu bisa melihat secara langsung bagaimana kondisi di sekitar kamu. Aplikasi ini dapat bekerja di belakang layar, sehingga kamu tetap bisa menggunakan aplikasi lainnya atau melakukan hal lainnya melalui smartphone kamu. Untuk mengetahui informasi terupdate ketika kamu telah berpindah lokasi, kamu bisa melihatnya langsung dari interface aplikasi, atau dengan cara menekan menu ‘Update’ yang ada di bagian pojok kanan atas.

Link download Aplikasi PeduliLindungi

Untuk download aplikasi PeduliLindungi pengguna Android silahkan disini , sedangkan untuk App Store silahkan disini.

Jika kamu memiliki mobilitas yang tinggi, suka berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Dengan memanfaatkan aplikasi PeduliLindungi, semoga kamu bisa semakin waspada, serta membantu kamu dalam mendapatkan informasi untuk mengetahui zona di sekitar kamu. Tetap semangat, semoga pandemi ini akan segera berakhir.

Gravatar Image
Hey, I'm writing everyday, SEO lover, and Noob Blogger.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *