Review : Aplikasi GoPartner Versi Terbaru 1.22.1

Posted on

Exojol.com – Release aplikasi GoPartner v1.22.1 terbaru menghadirkan beberapa fitur yang terlihat agak sedikit berbeda dari versi sebelumnya. Menarik? Atau, biasa saja?

Bagi driver Gojek, pastinya sudah tidak asing lagi dengan GoPartner. Ya, aplikasi yang dikeluarkan Gojek untuk dipergunakan oleh para mitranya ini hadir dengan beberapa fitur tampilan baru. Tapi sebelumnya, mungkin semakin kesini banyak yang berpendapat bahwa ujung-ujungnya hampir mirip dengan aplikasi driver hijau sebelah. Bahkan saya banyak mendengar obrolan spekulasi nggak jelas yang mengait-ngaitkan antara hijau sebelah.

Bukan itu yang ingin saya bicarakan, tapi lebih cenderung dengan bagaimana performa atau tampilan pada aplikasi GoPartner terbaru versi 1.22.1 ini menurut saya pribadi. Karena uniknya, ada beberapa perubahan yang sepertinya mengarah kepada penguatan brand Gojek sendiri yang masih hot-hotnya sudah melantai sebagai perusahaan terbuka.

Well, berikut 5 perubahan tampilan pada setiap fitur di aplikasi GoPartner v1.22.1 bila dibandingkan dengan versi sebelumnya,

1. Pendapatan

Pada menu ‘Pendapatan’ terlihat perubahan yang sangat signifikan. Dimana pada versi sebelumnya hanya terlampir pendapatan harian, dan mingguan dengan maksimal hanya 7 hari ke belakang saja.

Tapi pada GoPartner v1.22.1 ini terlihat lebih detail. Karena kamu bisa melihat pendapatan harian ataupun mingguan, dengan range sampai satu bulan ke belakang. Uniknya kamu bisa melihat rincian pendapatan dari setiap order yang telah kamu selesaikan.

2. Riwayat order

Pada halaman Riwayat Order yang berada di menu ‘Pendapatan’, pada versi sebelumnya tampilannya hanya ada rincian keterangan alamat pickup dan alamat drop off. Tapi sekarang, tampilan menu Riwayat Order sangat detail. Kamu bisa lihat segalanya. Mulai dari lokasi jemput, lokasi tujuan, jarak pengantaran, jam order masuk, jam kamu sudah sampai menjemput, jam menyelesaikan order, melihat pendapatan bersih, dan juga poin yang kamu dapatkan.

Hhmm, tampilan ditugaskan, jemput, dan selesai menurut saya kaya mirip-mirip punya siapa gitu. Rada dejavu liat-nya. Sotoy banget ane yak ngab… 😀

3. Penilaian / Rating

Halaman penilaian driver yang berada di menu ‘Profil’ terlihat lebih menarik. Menurut saya, kita bisa melihat lebih jauh dari sebagian besar order yang telah diselesaikan. Apakah kita termasuk driver bintang 5, atau driver yang terkadang suka kurang beruntung karena jemari customer yang memberikan penilaian kurang puas. Padahal rasanya kita sudah maksimal banget untuk memberikan yang terbaik buat mereka.

Di halaman Rating, pada GoPartner v1.22.1 ini kamu bisa melihat penilaian dari customer dan juga halaman Rangkuman mengenai yang perlu kamu perbaiki serta pujian yang telah diberikan oleh customer.

4. Shortcut Tokopedia

Adanya fitur ‘Tokopedia’ yang terlihat seperti shortcut pada halaman ‘Swadaya’ seakan mempertegas bahwa Gojek adalah Tokopedia, begitupun sebaliknya. Disini terlihat bahwa secara tidak langsung Gojek mengarahkan dan berharap mitranya bisa bertransaksi atau memanfaatkan situs jual beli online terlengkap milik Gojek dengan satu klik.

Hhuuuufftt…, menurut saya cara cerdas untuk memberikan kesempatan mencoba pengalaman baru untuk tergabung dalam ekosistem Gojek.

5. Notifikasi peringatan

Hadeuh.., pada poin terakhir ini sebenarnya bukanlah hal baru bagi saya pribadi. Saya pernah post disini mengenai jenis-jenis notifikasi Gojek, tapi memang sejak diterbitkan ‘Notifikasi Peringatan’ ini kayanya jadi ramai banget di jagat maya, terutama forum-forum sosial media. Sebenarnya, bukan forum aja yang berkecamuk, tapi bathin saya sendiri juga berkecamuk. Jadi mitra kayanya rasa karyawan. Lewatin satu order langsung dapat peringatan.

Bagi saya, ini menjadi sebuah tulisan shock therapy yang secara tidak langsung dapat merubah pola pikir dan sistim kerja. Tapi, tidak buat saya! Karena seperti apapun orderannya, kalau saya suka pasti saya ambil, kalau nggak suka ya lewatin! Saya tetap akan menjadikan kesesuaian tarif bersih yang saya dapatkan dari jarak tempuh, lokasi pengantaran, kondisi perjalanan selama pengantaran, dan pastinya keselamatan.

Jadi, kembali ke diri masing-masing lho ya. Jangan anggap saya sedang melakukan sedikit provokasi dalam hal ini. Persaingan akan terus semakin ketat, setiap perjalanan akan terus terasa semakin keras, karena itu wajar bila saya harus lebih selektif.

Kesimpulannya, tidak ada perubahan yang cukup berarti selain perubahan tampilan yang lebih mendetail pada GoPartner sampai saat ini. Itu dia sedikit Review aplikasi GoPartner terbaru versi 1.22.1 versi saya, semoga sedikit penjelasan di atas bermanfaat. Maaf kalau ada salah-salah ketik, karena kesempurnaan hanya milik Allah.

Gravatar Image
Hey, I'm just online driver. Love & trying to writing everyday, SEO lovers, and Noob Blogger.

Leave a Reply

Your email address will not be published.