Solusi Untuk Mengatasi blog yang di Blokir Facebook

Solusi Untuk Mengatasi url / Blog yang di Blokir Facebook

Posted on

Exojol.com – Facebook termasuk ke dalam Media Sosial favorit yang memiliki pengguna yang paling banyak di seluruh dunia. Selain sebagai Media Sosial, ternyata Facebook juga mampu menjadi satu wadah untuk bisa membagikan tautan halaman pada suatu blog atau website.

Nama besar Facebook sudah menjadi salah satu tempat bagi kamu yang suka berinteraksi secara mudah dan realtime di zaman digital saat ini. Bahkan, tidak sedikit juga yang menjadikan Facebook sebagai tempat untuk mendapatkan ataupun membagikan informasi. Salah satunya adalah, berbagi tautan dari halaman suatu blog atau website yang mungkin dianggap menarik dan bermanfaat ke halaman akun Facebooknya.

Mengapa blog saya diblokir Facebook?

Singkat cerita, setelah sekian lama tidak aktif nge-blog, saya kaget ketika ternyata salah satu blog saya tidak bisa dibagikan atau di share di halaman Facebook. Memang bagi saya hal tersebut tidak mengakibatkan kematian, tetapi terus terang, ini bisa menjadi salah satu faktor kenapa traffic blog terlihat stagnan. Sejatinya, pengunjung terbesar adalah melalui search engine, kemudian diikuti pengunjung yang berasal dari Sosmed, yaitu Facebook. Nah, kejadian ini lumayan membuat saya kesal.

Padahal, blog saya tidak mengandung hal-hal yang melanggar persyaratan komunitas di Facebook. Dimana isi blog saya bukan menyebarkan berita hoax, bukan penipuan, bukan berisi tentang hate speech, bukan halaman download, tidak mengandung virus ataupun malware, serta tidak bersifat melanggar hak cipta. Cukup lengkap lah.

Setelah mencari beragam informasi yang bertebaran melalui mesin pencari, saya menjadi ingat satu kesalahan yang mungkin menjadi pemicunya. Menjadi penyebab mengapa url blog saya diblokir oleh Facebook. Yaitu seringkali membagikan halaman postingan setelah saya melakukan update blog. Saya merasa itu adalah dosa terbesar url blog saya sampai diblokir oleh Facebook.

Apa itu Standar Komunitas Facebook?

Jika anda mengalami nasib yang sama seperti saya, ada baiknya anda membaca serta memahami kembali mengenai Standar Komunitas di Facebook. Sebagai Media Sosial yang memiliki pengguna paling banyak di seluruh dunia, pihak Facebook memiliki tujuan dengan standar bagi setiap orang untuk dapat bebas berekspresi dengan cara memberikan pengalaman, pandangan, ide, serta informasi. Untuk lebih lengkapnya silahkan lihat pedoman standar komunitas Facebook.

Langkah-langkah untuk membuka url yang diblokir Facebook

Kamu bisa menemukan beragam informasi mengenai hal ini. Jika kamu merasa yakin bahwa domain atau blog anda tidak melanggar ketentuan standar komunitas Facebook, solusinya adalah melakukan banding. Hal ini bertujuan dengan harapan agar pihak Facebook melakukan review, semoga banding anda diterima.

Langkah pertama adalah silahkan kunjungi link ini. Silahkan login dengan alamat facebook kamu untuk memastikan kembali apakah blog anda benar-benar di blokir oleh Facebook.

Jika hasilnya positif di blokir, silahkan klik tulisan ‘Beri tahu kami’ seperti yang saya berikan garis kota berwarna merah di atas.

Lalu silahkan berikan gambaran atau deskripsi secara lebih detail mengenai blog kamu. Jelaskan bahwa blog kamu adalah tidak menyebarkan berita hoax, bukan penipuan, bukan berisi tentang hate speech, tidak mengandung virus ataupun malware. Di akhir kalimat, silahkan tuliskan mengenai tujuan banding anda, intinya agar pihak Facebook melakukan review kembali dan membuka blokir untuk domain blog kamu.

Sebagai gambaran agar lebih jelas, mungkin kamu bisa ikuti contoh format yang saya lakukan ketika mengajukan banding. Silahkan ubah lagi kata-katanya sesuai dengan gambaran blog kamu, serta kalimat yang menurut kamu lebih menarik lagi.

Saya ingin menginformasikan perihal mengenai halaman blog saya (isi nama blog kamu) yang diblokir oleh Facebook sehingga tidak dapat melakukan berbagi tautan. Sebagai informasi, saja jelaskan secara lebih detail mengenai blog saya.

  • Blog yang saya miliki (isi dengan alamat blog kamu) adalah blog yang berisikan tentang lirik lagu daerah, Indonesia.
  • Saya sama sekali TIDAK PERNAH menyebarkan berita yang menyesatkan, bersifat hate speech, merugikan pihak lain, ataupun postingan yang bersifat melanggar hak intelektual.
  • Saya bisa pastikan bahwa blog yang saya miliki adalah AMAN. Karena saya tidak pernah melakukan posting yang melampirkan halaman download, mengandung virus, ataupun malware. Saya pastikan 100 persen aman.

Itulah informasi yang bisa saya berikan, saya harap pihak Facebook dapat bekerja sama untuk melakukan review kembali pada blog saya, dengan harapan dapat membuka blokir pada blog saya sehingga orang lain dapat melakukan membagi tautan melalui Facebook Social Button Sharing yang tersedia di halaman blog saya. Terima kasih.

Kalau menurut anda tulisannya berasa seperti ngelamar kerjaan, atau kepanjangan, ya harap maklum. Karena saya kurang pandai merangkai kata. Silahkan diubah sesuai keinginan kamu. Karena format di atas adalah kalimat contoh yang saya lakukan saat mengajukan banding.

Lakukan dengan sabar dan berulang, semoga bisa segera teratasi. Karena pihak Facebook tidak akan menginformasikannya pada kamu mengenai perubahan yang telah dilakukan. Kamu bisa melakukan pengecekan secara berkala.

Gravatar Image
Hey, I'm writing everyday, SEO lover, and Noob Blogger.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *