Tips Berpuasa Tetap Lancar di Musim Pandemi Corona

Tips Berpuasa Tetap Lancar di Tengah Pandemi Corona

Posted on

Exojol.com – Bulan Suci Ramadhan di tahun 2020 ini memiliki atmosfir jauh sangat berbeda dari tahun-tahun kemarin. Walaupun kondisi di tengah bencana pandemi, semoga segala ujian ini tidak menyurutkan anda untuk tetap berpuasa.

Sebagai umat muslim, sudah menjadi kewajiban untuk menjalankan Rukun Islam yang ke-4, yaitu berpuasa di Bulan Ramadhan. Berpuasa serta mengendalikan diri selama Bulan Suci Ramadhan akan memberikan dampak yang sangat positif terhadap keimanan serta secara tidak langsung akan mempengaruhi perilaku dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

Ironisnya, sepertinya tahun ini menjadi tahun yang penuh dengan ujian, termasuk juga terhadap keimanan. Di tengah pandemi Virus Corona, segalanya terlihat suram, sepi, bahkan atmosfir yang dirasakan pada Bulan Ramadhan kali ini sangat jauh berbeda. Dengan segala keterbatasan yang ada, saya yakin anda akan tetap menjalankan perintahNya. Yaitu berpuasa di Bulan Ramadhan.

Tips agar lancar berpuasa di tengah Pandemi Corona

1. Cuci tangan sebelum makan dan minum

Saat bedug terdengar, itulah waktunya berbuka. Di tengah pandemi Virus Corona, pastikan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum menyantap minuman dan makanan yang ada di depan kamu. Dengan tetap menjaga kebersihan, kamu setidaknya telah mencegah beragam bakteri ataupun virus yang mungkin saja sedang melekat di tangan kamu.

2. Konsumsi makanan bergizi dan penuhi kebutuhan air ketika buka puasa

Kekebalan tubuh menjadi salah satu faktor penting untuk menjaga tubuh agar tetap terjaga dari paparan Covid19. Salah satu cara untuk menjadikan kekebalan tubuh tetap kuat adalah dengan cara mengkonsumsi makanan bergizi. Cobalah mengkonsumsi makanan segar yang terdiri dari sayuran dan berprotein. Hindari makanan yang bersifat cepat saji ataupun kemasan.

Terpenuhinya asupan gizi diharapkan dapat memenuhi kebutuhan tubuh untuk beraktivitas, terutama untuk meminimalkan resiko dari paparan Covid19. Selain itu, jangan lupa untuk tetap menjaga cairan tubuh agar tetap terpenuhi. Penuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, minimal delapan gelas air putih setiap harinya.

3. Hindari makanan berat saat berbuka puasa

Makanan berat adalah makanan yang sifatnya sulit di cerna oleh tubuh. Sederhananya adalah makanan yang bersifat keras, sehingga ketika anda mengkonsumsinya, tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk mencernanya. Berbukalah dengan yang manis. Seperti anjuran Rosul, dengan berbuka yang manis diharapkan asupan tersebut dapat mengembalikan energi pada tubuh.

Jika memungkinkan, anda bisa konsumsi kurma. Kandungan zat besi yang terdapat pada kurma dapat menjadi solusi bagi tubuh untuk mengurangi letih dan lesu setelah seharian beraktivitas. Kemudian selain itu, kandungan serat yang tinggi pada kurma dapat menjadikan pencernaan lebih lancar.

4. Jangan lupa tetap menjaga Physical Distancing

Waktunya berbuka biasanya penuh dengan kebersamaan. Baik itu dengan keluarga, kerabat, teman, atau orang-orang yang ada di sekitar kamu. Ketika kamu menikmati minuman dan makanan saat berbuka, jangan abaikan untuk tetap melakukan Physical Distancing. Pastikan kamu tetap melakukan batasan-batasan yang ada dengan orang di sekitar agar tidak terjadi kerumunan.

Ini bertujuan agar kamu tetap terhindar dari resiko terpapar Covid19 dari orang-orang di sekitar kamu. Pahami kembali, kamu tidak akan pernah mengetahui apakah seseorang di sekitar kamu telah terpapar Covid19 atau tidak. Untuk melakukan proteksi pada tubuh, sebaiknya tetap menjaga jarak.

5. Berolahraga

Meskipun kondisi sulit di tengah pandemi, olahraga menjadi satu cara untuk menjaga kebugaran tubuh. Baik kamu yang sedang WorkFromHome ataupun StayAtHome, melakukan olahraga ringan sambil menunggu waktu berbuka dapat menjaga tubuh agar tetap bugar. Mungkin kamu bisa mencoba melakukan lari-lari kecil di halaman rumah, angkat dumbbell, melakukan squat, atau yoga. Tetap rutin berolahraga saat berpuasa, kamu telah menjadikan tubuh agar tetap melakukan proses detoksifikasi serta aliran darah tetap lancar.

Itulah tips agar lancar berpuasa di tengah pandemi Corona yang bisa kamu coba. Tetap semangat, positif thinking, dan semoga segala amal ibadah yang kita lakukan di Bulan Suci Ramadhan ini diterimaNya.

Gravatar Image
Hey, I'm an Betta lovers. Tryin' to writing everyday, SEO lover, and Noob Blogger.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *