Tips bertanya di jalan
Tips bertanya di jalan II

Tips Bertanya di Jalan Raya, Jangan Abaikan 2 Poin Ini!

Posted on

Exojol.com – Tips bertanya di jalan bagi pengguna kendaraan bermotor terkadang menjadi satu hal yang kurang diperhatikan. Mau bertanya tapi bingung, tidak jarang yang berkeputusan akhirnya memaksakan diri untuk terus menerobos jalan dengan berbekal aplikasi Maps.

Pastinya kamu pernah mengalami kesulitan ketika mencari jalan atau suatu alamat. Hanya mengandalkan Google Maps, terus mengikuti jalan-jalan kecil yang diarahkan melalui layar smartphone tanpa berfikir kembali apakah jalan yang sebenarnya kita tempuh betul atau tidak, buntu atau tidak, atau akurat atau tidak?

Hal di atas merupakan sebuah pengalaman yang sering terjadi jika kamu memiliki profesi yang hampir dipastikan selalu berada di jalan. Entah itu ojek online, driver, kurir, atau hanya sekedar ingin berkunjung ke satu tempat. Oleh sebab itu, seperti sebuah petatah umum, “Malu bertanya, ya jalan-jalan..!” Jangan sampai hanya karena kesulitan mencari sebuah jalan atau satu alamat, kamu justru membuang waktu dengan sia-sia akibat muter-muter nggak jelas.

Bertanya pada orang yang ada di sekitar kamu adalah menjadi sebuah jawaban yang paling tepat, dan pastinya akan mempermudah kamu untuk sampai tujuan. Namun sebelum ingin bertanya kepada orang lain yang ada di sekitar, tolong jangan abaikan beberapa hal berikut saat bertanya di jalan.

Tips bertanya di jalan bagi pengendara bermotor :

1. Parkir kendaraan di tempat yang tepat

Berbagai situasi yang tidak pasti sangat memungkinkan terjadi di jalan. Yang pasti, dengan memarkirkan kendaraanmu di tempat yang aman dan tepat, kamu telah meminimalisir terjadinya hal yang tidak diinginkan. Terutama yang diakibatkan oleh kendaraan yang melintas. Jangan sampai kamu menjadi korban karena terserempet atau bahkan di tabrak oleh kendaraan yang melintas. Nggak lucu kan, ketika kamu lagi bertanya trus tiba-tiba kena serempet oleh kendaraan di belakang kamu karena posisi berhenti kendaraanmu tidak pada posisi yang aman dan tepat?

So, pastikan untuk mencari tempat pemberhentian / parkir kendaraan kamu di tempat yang tepat, aman dan nyaman bagi kamu dan pastinya tidak mengganggu pengguna jalan lainnya.

2. Matikan mesin & turun dari kendaraan

Terus terang, poin ini menjadi salah satu hal yang paling sering diabaikan. Saya yakin kamu pasti juga pernah mengalami hal ini. Tanpa mematikan kendaraan & tidak turun dari kendaraan dengan maksud agar tidak ribet / mempersingkat waktu, kamu bertanya suatu alamat atau jalan pada orang di sekitar.

Sekarang, coba kamu berada di posisi sebaliknya. Bagaimana jika kamu berada di posisi yang di tanya? Tanpa matikan kendaran & tanpa turun dari motor, pasti kamu akan merasa kurang respect dan memberikan informasi sekedarnya kan?

3. Bersikap Sopan

Dengan bersikap sopan, bisa saya pastikan bahwa kamu akan berpeluang lebih besar mendapatkan jawaban sesuai dengan harapan. Bahkan, tidak tertutup kemungkinan kamu akan mendapatkan jawaban yang benar-benar detail untuk bisa sampai ke alamat yang kamu cari.

Siapapun orangnya, dimanapun tempatnya, ketika kita bersikap sopan, maka secara otomatis 99 persen orang lain yang menjadi lawan bicara kamu akan bersikap demikian. Jadi, sebagai seseorang yang sedang membutuhkan bantuan, bertanya dengan sikap yang sopan menjadi salah satu faktor yang sangat penting TAPI seringkali diabaikan.

Terlihat sangat mudah kan? Tapi justru saat ini yang sering terjadi adalah mengabaikan poin 1 dan 2. Parkir / berhenti tidak di tempat yang kurang tepat, mesin kendaraan tidak dimatikan & tidak turun dari motor masih seringkali di alami.

Ok, hal mengenai tips bertanya di jalan ini semoga bisa menambah wawasan kamu, dimana sebenarnya termasuk ke dalam salah satu etika tidak tertulis dalam berkendara di jalan raya. Ingat, parkir di tempat yang tepat, matikan kendaraan dan turun, lalu bersikap sopan.

Ada tambahan?! Silahkeun..

Gravatar Image
Hey, I'm just online driver. Love & trying to writing everyday, SEO lovers, and Noob Blogger.

Leave a Reply

Your email address will not be published.