Tips Mendapatkan Bintang 5 dari Customer
Tips Mendapatkan Bintang 5 dari Customer

Tips Mendapatkan Bintang 5 dari Customer, Driver Ojol Wajib Tahu!

Posted on

Exojol.com – Saat ini, ojek online atau ojol menjadi sebuah pekerjaan yang menarik untuk dilakukan. Sebab, adanya ojol ini sangat peran penting bagi masyarakat luas. Terutama dalam hal kendaraan untuk bepergian. Sebagai driver ojol, mendapatkan bintang lima dari penumpang merupakan target yang harus dicapai. Koleksi bintang lima ini tentunya akan membuat rating pengemudi ojol menjadi sangat baik. Sehingga memiliki perhitungan insentif yang baik. Untuk itulah, sebagai driver ojol, penting untuk kamu simak tips mendapatkan bintang 5 dari customer berikut ini.

Tips Mendapatkan Bintang 5 Dari Customer, Driver Ojol Wajib Tahu

Bila kita melihat dari sisi driver ojek online, kualitas layanan terhadap pelanggan atau customer harus selalu dijaga dengan baik. Jika secara konsisten bisa memperoleh nilai sempurna dari customer, para driver dinilai bekerja secara profesional. Bahkan tak jarang mereka dijanjikan dengan adanya bonus. Untuk itulah, mari kita simak bagaimana caranya mendapatkan bintang 5 dari customer.

1. Full Services

Tak dapat dipungkiri, setiap orang pastinya menginginkan pelayanan yang baik setiap mereka menggunakan jasa apapun itu. Bahkan tak jarang dari pelanggan senang dipuji dan diperlakukan dengan baik. Hal ini juga berlaku bagi driver ojek online. Cobalah untuk selalu memberikan pelayanan yang baik kepada setiap pelanggan. Tentu saja hal ini akan menjadi kunci utama untuk memperoleh kesan yang baik dari setiap pelanggan.

Dapat dilakukan dengan memberikan hal-hal yang kecil, tetapi bernilai manfaat. Misalnya saja, selalu sediakan masker atau penutup rambut. Meskipun terlihat sederhana, services ini dapat menjadi salah satu tips mendapatkan bintang 5 dari customer. Bahkan, bisa juga membuat hati pelanggan kamu merasa puas dan senang.

Tak terlepas dari cara ini, tutur kata dan etika ketika berbicara juga menjadi hal yang sangat penting. Setiap penumpang atau pelanggan memiliki karakter masing-masing. Ada saja orang yang sangat mudah tersinggung. Bisa jadi mereka memberikan ulasan yang buruk jika merasa diperlakukan dengan kurang baik. Memang ada-ada saja suka duka menjadi ojol, termasuk dalam hal ini salah satunya. Maka dari itulah, jangan sampai terjadi kesalahpahaman dengan penumpang agar kedua pihak tidak merasa dirugikan.

2. Selalu Menunjukkan Sikap Ramah Kepada Customer

Meskipun kondisi emosi kamu sedang kurang bagus, pastikan selalu memperhatikan sikap dan perilaku kepada para customer. Jangan sampai menunjukkan sikap yang kurang mengenakan. Tetaplah bersikap ramah dan sabar. Saat melakukan penjemputan, ada baiknya untuk menyapa penumpang dengan perkataan yang wajar, ramah, dan sopan. Atau juga bisa dengan mengkonfirmasi destinasi tujuan.

Ketika penumpang naik kendaraan dan sedang di perjalanan, jaga percakapan serta tetap bersikap profesional dan positif. Pastikan bahwa penumpang merasa nyaman dan aman karena sikap yang ramah dan tutur kata yang baik. Tips mendapatkan bintang 5 dari customer ini tak boleh sampai terlupakan.

3. Hafal Rute Jalan

Penting untuk selalu diingat oleh para driver ojek online bahwa tidak semua penumpang hafal jalan yang akan mereka tuju. Ada kemungkinan, saat itu merupakan pertama kalinya penumpang berkunjung ke tempat tersebut. Tentu saja setiap penumpang merasa senang ketika driver ojek online yang mereka dapatkan hafal daerah tujuan. Sehingga tidak perlu lagi repot-repot menjelaskan kembali jalur mana yang harus dilewati. Selain itu, memperkecil kemungkinan salah jalan atau tersesat. Tempat yang dimaksud pun sampai dengan tepat waktu. Waktu perjalanan menjadi lebih efektif dan efisien.

Penggunaan dan pemanfaatan aplikasi transportasi online saat ini sudah semakin meluas. Bahkan para turis pun menggunakan aplikasi tersebut. Pasalnya, terbukti nyaman dan juga mudah. Baik itu menggunakan kendaraan motor maupun mobil. Tak jarang kita lihat para turis menggunakan kendaraan berbasis aplikasi online ini.

Memahami rute jalan saja tidaklah cukup, ada baiknya kamu juga menguasai bahasa asing meskipun hanya sedikit. Tak perlu semua dipelajari, kamu hanya perlu beberapa kata penting saja, seperti kiri (left), kanan (right), lurus (straight), ya (yes), tidak atau bukan (no), terima kasih (thank you), dan sama-sama (your welcome). Yah, meskipun litle-litle alias sedikit-sedikit tapi setidaknya kamu telah memberikan sebuah komunikasi yang bisa dimengerti oleh customer yang sedang kamu bawa dan kebetulan dia adalah Warga Negara Asing yang tidak bisa berkomunikasi dengan bahasa Indonesia. So, salah satu tips mendapatkan bintang 5 dari customer yang satu ini secara tidak langsung akan memberikan kenyamanan dalam setiap perjalanan yang kamu lakukan untuk melayani customer.

Sumber gambar : suara.com

4. Berkendara dengan Aman

Sebagai driver ojek online profesional, harus memiliki keahlian dalam berkendara yang aman. Akan menjadi nilai plus bila memahami segala peraturan yang ada di jalan raya. Tak lupa juga memiliki surat-surat kendaraan yang lengkap. Bukan hanya itu saja, driver ojek online harus tahu batasan maksimum kecepatan yang digunakan. Meskipun kondisi jalan sedang sepi, bukan berarti kamu asal dalam mengendarai kendaraan.

Tinggalkan kegiatan yang merugikan dan membahayakan. Misalnya saja rem mendadak atau mengoperasikan handphone ketika mengemudi. Jika melewati jalan yang terlalu macet, ada baiknya untuk mengambil alternatif rute yang memungkinkan untuk sampai ke tempat tujuan lebih cepat. Khusus untuk driver mobil, hindari memutar musik yang terlalu keras.

5. Menghargai Privasi Setiap Penumpang

Tips mendapatkan bintang 5 dari customer selanjutnya adalah dengan menghargai privasi setiap penumpang. Biasanya driver ojek online akan mengajak bicara penumpang. Entah itu bertujuan ingin berkenalan secara lebih dekat dengan penumpang atau hanya mengatasi rasa kantuk dan penat di jalan. Namun, sebagai driver ojek online yang memahami privasi penumpangnya, harus mengetahui setiap batasan-batasannya.

Jangan sampai obrolan yang diajukan menyinggung persoalan pribadi. Bila penumpang tidak merasa keberatan, mungkin hal tersebut tidak akan menjadi masalah. Akan tetapi jika sebaliknya, bisa membuat penumpang merasa kurang nyaman. Bila ingin mengajak bicara, carilah topik yang umum saja. Misalnya mengenai jalanan macet atau membicarakan topik yang saat itu sedang asik diperbincangkan oleh masyarakat luas. Tips mendapatkan bintang 5 dari customer ini sangat penting untuk diperhatikan.

6. Cepat dan tepat

Pada poin ini, lebih dikhususkan untuk kamu yang sedang menjalani job order type pemesanan makanan ataupun pengiriman barang. Kecepatan dan ketepatan terhadap pesanan customer menjadi sebuah nilai tambah yang secara tidak langsung mampu memberikan efek luar biasa dari customer. Walaupun ketika kamu sedang menjalaninya terdapat kendala, tetapi setidaknya sedikit komunikasi yang tepat bisa menjadi penawar galau bagi customer.

Misalnya seperti restonya antri, makanan yang di pesan sudah habis, kondisi pesanan sampai tanpa cacat, dan lainnya. Saat mengambil job pemesanan makanan ataupun pengiriman barang memiliki tingkat resiko yang sebenarnya tidak bisa di anggap remeh. Karena sedikit saja kesalahan yang kamu lakukan, baik itu secara tidak disengaja, bisa berakibat fatal dan mempengaruhi rating customer terhadap kamu. Yah, kalaupun kamu lagi ngejar trip, tetap santai dan pasti aja ya. Toh rejeki tidak akan kemana. Selesaikan job dengan cepat dan tepat.

7. Sediakan uang receh

Setiap penyedia transportasi online memiliki metode pembayarannya masing-masing. Entah itu Gopay, atau Ovo. Tapi tidak bisa dipungkiri bahwa masih banyak juga customer yang menggunakan jasa ojol dengan menggunakan metode pembayaran cash. Oleh sebab itu, untuk mengantisipasi kesulitan saat mencari kembalian ketika customer menggunakan uang dengan pecahan yang besar, alangkah baiknya kamu sudah mempersiapkannya.

Kalaupun kamu tidak memiliki uang yang cukup untuk memberikan kembalian kepada customer, saran saya, cobalah untuk memberitahu pada customer bahwa jumlah uang kamu tidak cukup. Atau bisa juga kamu berinisiatif untuk menukarkan uang pecahan di sekitar kamu. Jangan sampai gara-gara kurang uang kembalian kamu mendapatkan komentar buruk.

Beberapa poin di atas semoga bisa menjadi sedikit panduan mengenai tips dapat bintang 5 dari customer. Semoga bermanfaat, dan tetap semangat para #PejuangKeluarga

Gravatar Image
Hey, I'm an Betta lovers. Tryin' to writing everyday, SEO lover, and Noob Blogger.

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *