Mengapa Kita Harus Selalu Bersyukur

Yuk, Pahami Kembali Mengapa Kamu Harus Selalu Bersyukur

Posted on

Exojol.com – Bersyukur, satu kata yang paling mudah untuk diucapkan. Mungkin kamu seringkali mengatakannya pada orang lain. Tapi, terkadang dalam kondisi tertentu sulit untuk diterima.

Setiap manusia memiliki perjalanan kehidupan yang berbeda. Walaupun kisah yang selalu berbeda, sebagian besar sebenarnya memiliki permasalahan yang bisa dikatakan sama. Masalah kehidupan yang berhubungan dengan rumah tangga, sosial, ekonomi, dan lain sebagainya. Dari keseluruhannya, tanpa kamu sadari segala hal yang sedang berjalan selalu saja memiliki dua timbal balik yang akan singgah dalam setiap sisi kehidupan.

Ketika kamu merasa haus, tiba-tiba ada seseorang yang memberikan kamu air. Di saat kamu lapar, teman kamu datang menghampiri dan mentraktir kamu makan. Walaupun jika di lihat dari hal tersebut merupakan sebuah hal kecil yang tidak terlihat istimewa, tetapi akan dirasakan sangat istimewa bila kamu menerimanya dengan kondisi yang sedang berada pada zona sulit. Kamu akan lebih menghargai segelas air minum ketika kamu berada di gurun tandus ketimbang kamu sedang berada di tengah hutan yang sedang terjadi hujan bukan? Pastinya, setiap zona akan memiliki rasa yang berbeda.

Tapi, satu hal yang sungguh luar biasa ketika kamu coba melupakan dimana zona yang sedang kamu singgahi. Saat teman kamu tiba-tiba memberikan satu cup ice cream di musim dingin dan kamu menerimanya dengan ikhlas dan bahagia. Wow, rasakanlah bedanya. Nikmat sekali bukan? Itu sebuah analogi kecil dari saya yang mungkin bisa dijadikan sebagai gambaran mengapa kita perlu bersyukur setiap saat, bahkan dalam kondisi apapun.

Berikut beberapa manfaat bersyukur yang perlu kamu ketahui

1. Menciptakan kebahagiaan

Banyak hal yang bisa memicu seseorang terhadap rasa bahagia, dan salah satu bagi saya yang paling utama adalah dengan bersyukur. Tidak perlu merasa khawatir dengan apa yang telah kamu dapatkan saat ini jika memang kamu selama ini selalu berusaha dan berikhtiar untuk mengubah keadaan menjadi lebih baik. Karena, lelah kamu dalam berusaha setiap harinya menjadi sebuah kebahagiaan tersendiri. Coba pandang ke depan secara menunduk, kamu akan melihat bahwa sebenarnya banyak di luar sana yang mungkin keadaannya lebih buruk dibanding kamu.

Beragam ujian selalu memiliki jalan keluar yang bisa diselesaikan. Ketika kamu memberikan motivasi untuk diri kamu sendiri, secara tidak langsung kamu akan merasakan sebuah kebahagiaan tentang kehidupan saat ini yang sedang kamu jalani. Perasaan bahagia akan membentuk sebuah perasaan tenang, nyaman, serta lapang dada. Kamu akan merasakan bahwa setiap ujian memiliki makna tersendiri bagi diri kamu nantinya.

2. Menjadikan pribadi yang selalu positif thinking

Banyak sekali perbandingan yang bisa kamu lakukan terhadap diri kamu. Entah mungkin dari saudara atau teman. Dengan selalu bersyukur kamu tidak akan pernah merasa khawatir timbulnya rasa iri, benci, sombong, dan perasaan lainnya yang bersifat negatif. Bijaksana dalam melihat segala perbedaan yang kamu hadapi dengan orang lain akan memicu perasaan positif. Kenapa? Karena secara pribadi kamu telah memposisikan diri kamu pada keadaan yang lebih baik saat ini, walaupun kenyataannya mungkin belum. Inilah salah satu dahsyatnya bersyukur pada saat kamu dapat berhenti untuk selalu bersikap membanding-bandingkan. Sulit di jelaskan dengan kata-kata, tapi saya yakin kamu akan merasakannya.

3. Menjadikan lebih sabar

Di masa sulit, orang yang selalu merasa bersyukur akan merasakan kelapangan hati. Hal tersebut akan lebih dimaknai secara bijaksana oleh pikiran, sehingga akan membentuk pribadi yang selalu sabar. Tidak melulu mengeluh, menyalahkan keadaan, memojokkan masa lalu, atau hal besar lainnya yang pernah kamu lewati tapi dirasakan sia-sia. Segala bentuk ujian akan dijalani dengan perasaan positif, tenang, serta memberikan waktu untuk bertindak seiring dengan usaha yang sedang kamu lakukan hingga saat ini.

4. Memperbaiki kepedulian diri dan sosial

Dengan merasa penuh syukur, kamu akan merasa lebih peduli terhadap diri anda. Baik itu fisik, ataupun mental. Secara perlahan akan membentuk menjadi sebuah kebiasaan yang tertanam dalam diri kamu. Selain itu, dari sisi sosial, kamu akan selalu menghargai keadaan kamu dan berempati terhadap orang lain yang kondisinya kurang beruntung dari kamu.

5. Menciptakan kedekatan dengan Sang Pencipta

Sebagai makhluk Tuhan yang paling sempurna, tetapi manusia bukanlah apa-apa dan tiada daya upaya yang bisa dilakukan tanpa kehendakNya. Sadarkah kamu bahwa sebenarnya setiap detik yang berlalu merupakan izin dariNya?

Di saat kamu dalam keadaan sakit, kamu akan merasakan rindu pada kondisi sehat. Di saat kamu merasa terpuruk, kamu akan bermimpi tentang kebahagiaan. Ketika kamu berada pada masa sulit, kamu akan teringat kemudahan. Begitupun seterusnya. Tetapi tidak begitu ketika kamu jalani penuh dengan rasa syukur. Setiap doa yang kamu panjatkan, akan selalu teriring dalam usaha kamu. Menyerahkan segalanya kepada Yang Kuasa.

6. Membentuk pola pikir sukses

Kesuksesan tidak selalu di nilai dari banyaknya materi atau harta seseorang. Beragam pandangan mengenai kesuksesan akan memiliki persepsi yang berbeda-beda bagi setiap individu. Namun, rasa syukur yang selalu ditanamkan akan memberikan satu kemudahan untuk membentuk rencana yang akan dilakukan untuk hari esok. Kekuatan positif yang ada pada diri kamu akan membentuk sebuah pemikiran yang akan membimbing kamu ke dalam keadaan yang lebih baik lagi.

Itu dia mengenai manfaat bersyukur yang perlu diketahui. Ingat, bukan berarti bersikap pasrah. Tetapi rasa syukur menjadi sebuah pedoman untuk kamu melangkah menuju keadaan yang lebih baik lagi, lebih optimis, dan lebih menghargai waktu yang terus bergulir tanpa kompromi.

Gravatar Image
Hey, I'm an Betta lovers. Tryin' to writing everyday, SEO lover, and Noob Blogger.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *